Warga Desa Kampung Sawah Tolak Keberadaan Kandang Itik

KARAWANG, - Warga lingkungan Dusun Pasar Desa Kampungsawah Kecamatan Jayakerta Kabupaten Karawang, menyatakan menolak keras keberadaan kandang ternak bebek yang ada dilingkungan warga.

Pasalnya, dampak yang timbul pada lingkungan terhadap kesehatan warga. Diketahui, bantuan bebek yang dikelola oleh kelompok tani tersebut berasal dari bantuan dari program demontrasi farming (Demfarm) pertanian moderen berbasis korporasi.

Itik tersebut merupakan itik lokal hasil inovasi Badan Litbang Pertanian Kementrian Pertanian yang diperuntukan bagi masyarakat petani Jayakerta.

Dikatakan, Acep sukandi (69), selaku tokoh masyarakat yang merasakan langsung dari dampak kandang bebek yang berada tidak jauh dari kediamannya dan ada dilingkungan warga tersebut.

Pihaknya sudah beberapa kali mengadukan hal ini kepada pihak Desa, namun hingga saat ini belum ada tindakan apa apa dan tidak dihiraukannya.

"Kandang bebek di sini sudah menimbulkan bau tak sedap, kami sebagai warga khawatir, hanya menuntut agar kandang itik (bebek) yang ada di lingkungan kami dipindahkan secepatnya," kata Acep pada PortalJabar.net, Selasa (11/6/2019)

Sama halnya yang dikatakan, Dadang, selaku warga sekitar, yang sama merasakan bau tak sedap setiap hari semenjak adanya kandang bebek tersebut. Dirinya juga hanya meminta pihak yang terkait menindaklanjuti pengaduan dari warga.

"Karena, sudah dua kali surat pengaduan yang disertai tanda tangan beberapa warga tidak pernah ditanggapi oleh pihak Desa, maka masyarakat akan mengadakan demontrasi ke Kabupaten jikalau masih tidak ada tindak lanjutnya," tandasnya. (wins)

Tags:

Berita Terkait

Related News