Jajanan Gratis Produk UKM Meriahkan HUT Ciamis Ke-377


CIAMIS,- Tepat dihari ini, 12 Juni 2019 Kabupaten Ciamis berusia 377 tahun.Berbagai kegiatan mulai ziarah ke Makam Galuh, upacara peringatan, penampilan kesenian rampak kendang, kirab pataka, rapat paripurna dan yang paling ditunggu warga adalah digelarnya jajanan gratis. 

Pantauan Portaljabar.net, Rabu (12/6/2019) pagi, kegiatan dipusatkan di Pendopo Bupati Ciamis, Jalan Jendral Sudirman, digelar kesenian rampak kendang yang disaksikan oleh para pejabat Pemkab Ciamis. 

Setelah itu dilaksanakan kirab pusaka dengan mengarak bendera berlogo Ciamis dari Pendopo menuju Gedung DPRD Ciamis yang diikuti oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, DPRD, unsur Forkopimda dan para pejabat Pemkab Ciamis. Sesampainya di DPRD dilaksanakan rapat paripurna hari jadi.

Setelah selesai rapat paripurna kegiatan dilanjutkan dengan promosi produksi pedagang kaki lima atau jajanan gratis dibuka oleh Bupati Herdiat. 

Ribuan warga yang telah menunggu sejak pagi langsung diberi 5 kupon oleh panitia untuk ditukar dengan jajanan gratis. 

Jajan gratis yang disajikan sebanyak 6.880 porsi itu terdiri dari aneka kuliner khas Ciamis dari 141 PKL. Berbagai jenis kuliner yang disuguhkan antara lain pisang aroma, getuk, molen, cakue, cimol, bubur sumsum, serabi manis, rakicak, kolek, batagor hingga aneka macam minuman.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menyampaikan dalam sambutannya, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kebersamaan  masyarakat Ciamis dengan Pemerintah Daerah.

“Kami mohon dapat dilaksanakan dengan tertib tidak terlalu terburu-buru, sehingga tidak ada hal-hal yang tidak kita harapkan bersama,” ujar Herdiat dalam sambutan.

Kegiatan ini langsung dibuka oleh Bupati Ciamis dan dihadiri Wakil Bupati Ciamis, Ketua DPRD, Kapolres Ciamis, Dandim 0613 dan sejumlah tokoh dari Forkopimda.

Terpisah, Kasi DBPK Kabupaten Ciamis, Dini Kusliani menyampaikan,Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Kabupateb Ciamis sebelumnya membeli produk dagangan PKL (Pedagang Kaki Lima) yang sudah terdata, diantaranya PKL Alun-alun Ciamis, PKL bawah Bilboard, PKL di Mesjid Agung Ciamis, PKL sekitar Jogya Depstore dan PKL yang berada di wilayah Ciamis kota.

“Kegiatan ini dalam rangka membantu mempromosikan produk PKL yang sudah terdata di dinas. Terutama yang berlokasi di Ciamis kota,”Ujarnya

Lebih lanjut ia menyampaikan gelaran jajanan gratis di Ciamis tersebut bertujuan untuk membantu para PKL mengenalkan produk dagangannya kepada masyarakat Ciamis , sehingga bisa diminati oleh para pencari jajanan di Ciamis.

“Kami menyediakan 6.880 produk dari 140 pedagang PKL dan produk itu semua dibeli oleh Dinas. Hal ini sudah rutin digelar setiap Hari Jadi Ciamis. Alhamdulilah antusias warga sangat bagus", tuturnya

Untuk mendapat jajanan gratis di Ciamis ini, masyarakat terlebih dahulu mengambil 5 kupon per orang dari panitia. Lima kupon tersebut bisa ditukarkan dengan 5 jenis produk makanan yang telah disediakan.

“Kami berharap dengan kegiatan ini PKL Ciamis semakin berkembang dan meningkatkan kualitas produknya, agar konsumen merasakan kepuasan sehingga secara otomatis perekonomian Ciamis akan meningkat,” pungkasnya.(Yos)
 

Tags:

Berita Terkait

Related News