Jimmy : Perusahaan Diwajibkan Menjadi Bapak Asuh Siswa Sekolah Menengah

KARAWANG,- Sebagai upaya untuk mengurangi pengangguran di Karawang ditengah berdirinya ribuan perusahaan di kawasan agraris ini, Pemkab Karawang akan meluncurkan Program Bapak Asuh.

Menurut Wakil Bupati Karawang, Jimmy Ahmad Zamakhsyari dirinya telah mendapat restu dari Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana untuk segera menerapkan kebijakan strategis bernama Bapak Asuh. Jimmy meyakini program ini bisa efektif dalam mengurangi angka pengangguran di Karawang.

"Diperlukan Kebijakan Strategis dalam mengurangi pengangguran di Karawang. Saya sudah koordinasi dengan Ibu Bupati pimpinan saya untuk segera mengimplementasikan program Bapak Asuh dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Karawang," ucap Jimmy, Rabu (12/06/2019) disela-sela sidak di PT Chunetsu KIIC.

Nantinya menurut Jimmy, dalam program ini setiap Perusahaan wajib menjadi Bapak Asuh terhadap siswa SLTA dan SMK dari semua Jurusan.  Tiap tahun minimal 20 orang siswa disekolahkan, dididik oleh setiap perusahaan sehingga menjadi tenaga kerja yang handal dan memiliki kompetensi.

Jimmy meyakini angka pengangguran Karawang akan berkurang setiap tahunnya sebanyak 20.000 orang jika program ini berjalan efektif. 

"Perhitungannya 20 Orang X 1000 PT yang ada di Karawang jumlahnya adalah 20.000 orang tenaga kerja siap pakai," jelasnya.

Sebagai bentuk ketaatan terhadap hukum dan menjamin adanya kepastian hukum terhadap kedua belah pihak, program ini bakal di atur dalam MOU (Memorandum off Understanding / Kesepaktan Bersama) antara Pemkab Karawang dalam hal ini Bupati Karawang dengan masing-masing perusahaan. 

"Pastilah nanti harus ada MOU nya sebagai dasar berjelannya program Bapak Asuh," jelasnya. (Uya)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News