Lima Mahasiswa UM Ciptakan Media Pembelajaran Interkatif Berupa Buku “Gembok Ati”

MALANG - Pelajaran Geografi terkadang masih dianggap sulit oleh siswa siswi SMA, namun kesulitan tersebut mendorong lima mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) menciptakan media pembelajaran interaktif berupa buku suplemen yang menghadirkan kegiatan menyenangkan dalam kelas.

GEMBOK ATI (Geomorphologhy Book with Augmented Reality) menjadi inovasi produk hasil kolaborasi teknologi AR dengan materi Geografi yang mengusung konsep buku pelajaran dengan ilustrasi 3D yang menarik sehingga mampu meningkatkan semangat dan motivasi belajar siswa. 

Materi ini terdiri dari: jenis-jenis bentukan lahan (geomorfologi), sebaran dan pengelolaan potensi sumberdaya alam, dan mitigasi bencana alam di Indonesia. Ketiga materi tersebut dikemas dalam bentuk 2 sajian, yaitu : sajian berbasis kertas dan sajian berbasis digital.

Untuk sajian berbasis kertas buku Gembok Ati memiliki keunggulan yaitu : penggunaan bahasa yang lebih komunikatif, ilustrasi 3 dimensi yang menarik, dan tampilan layout yang bewarna. Untuk sajian berbasis digital buku Gembok Ati didukung dengan program Augmented Reality (AR). Program ini dikembangkan dengan tujuan untuk menvisualisasikan bentukan lahan yang ada di Indonesia.

Menurut Hanif selaku mahasiswa jurusan geografi menuturkan, “ilustrasi yang disajikan dalam buku Gembok Ati memiliki kelebihan yaitu pendetailan informasi terkait bentukan lahan, misalnya bentukan lahan asal vulkanis (gunung api) mulai dari proses pembentukan hingga fenomena yang dihasilkan seperti : lava, sill, dike, batholit, lakolit yang dijelaskan dengan rinci dan kompleks,” ucapnya pada portaljabr.net, Sabtu (15/6/2019).

Desy yang merupakan Ketua Tim Gembok Ati menambahkan, “selain ilustrasi yang sangat informatif, materi yang ada sudah di validasi oleh para ahli di bidangnya, yaitu Syamsul Bachri selaku Dosen Jurusan Geografi dan Andreas Syah Pahlevi selaku Ketua Asosiasi Desain Grafis Indonesia Chapter Malang,” tambahnya.

Rizal yang merupakan anggota dari Tim Gembok Ati mengatakan, “keunggulan AR yang dikembangkan pada Aplikasi Gembok Ati adalah sistem navigasi, sistem ini bertujuan untuk mengatur visualisasi 3D yang ditampilkan dapat dilihat dari segala arah,” tandasnya.

Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika ini juga mengimbuhkan bahwa, “aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di google playtrore dan tentunya untuk menikmati visualisasi 3D aplikasi ini akan berjalan baik dengan ilustrasi Buku Gembok Ati sebagai markernya,” imbuhnya.

Kehadiran buku ini diharapkan dapat menjadi literasi masa kini yang dapat memberikan manfaat terutama dalam kegiatan pembelajaran. Bagi guru dan siswa dapat dijadikan media dan bahan ajar yang inovatif dan interaktif, sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan optimal. (wins) 

Tags:

Berita Terkait

Related News