DPRD Karawang Pastikan Awasi Pelaksanaan Pilkades Agar Hasilnya Optimal

KARAWANG,- Selaku lembaga pengawasan di daerah, DPRD Karawang memberikan atensi besar dalam tahapan Pilkades 2020 dari awal hingga akhir kegiatan.

Berkaca dari pengalaman Pilkades 2018 lalu yang banyak terjadi beberapa kesalahan, membuat hal ini menjadi atensi dari DPRD Karawang.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Karawang, Indriyani ST, mengaku lembaganya sangat fokus dalam menyukseskan Pilkades di 45 desa tersebut dengan tanpa ekses sehingga wibawa Pemerintah Daerah Karawang juga ikut terangkat.

Karena itu fungsi pengawasan yang melekat dalam lembaganya akan dimaksimalkan untuk menyukseskan pesta demokrasi rakyat ini.

"Sesuai tupoksi DPRD yaitu fungsi pembentukan produk hukum, budgeting dan pengawasan. Untuk fungsi pengawasan ini yang kami gunakan untuk kesuksesan Pilkades 2020," ucap Indriyani kepada PortalJabar.net, Minggu (23/06/2019).

Indriyani juga mewanti-wanti pihak penyelenggara agar jangan terjadi lagi setelah pelaksanaan Pilkades muncul banyak gugatan terkait administrasi persyaratan calon.
"Kami harap tidak ada ekses, maka dari itu nantinya panitia harus paham betul dasar hukum dan aturannya," jelasnya.

Selain itu Indriyani berharap pihak BPD (Badan Permusyawaratan Desa) bisa berperan aktif dalam menyukseskan Pilkades tanpa ekses ini.

"BPD sebagai salah satu unsur pengawas dalam pemerintahan desa harus berperan aktif dan juga netral," tandasnya. (Uya)

 

 

 

Tags:

Berita Terkait

Related News