Gara-gara Facebook, Nilai Bitcoin Tembus US$11.000

Ekonomi, PORTALJABAR.net - Setelah melonjak sekitar 10% selama akhir pekan, harga Bitcoin melonjak di atas US$11.000 atau sekitar Rp155,7 juta pada Senin (24/6/2019). Angka tersebut merupakan level tertinggi dalam lebih dari 15 bulan.

Dari Pantauan Portaljabar.net 1 Bitcoin dijam 16:37 WIB Selasa, (25/06) mencapai angka Rp. 159.599.568,30.

Data Portaljabar.net melalui statistik global Bitcoin. Selasa (25/06/2019)

Pelonjakkan tersebut akibat dari Facebook yang berencana meluncurkan mata uang digital atau crytocurrency, Libra. Rencananya Libra akan diluncurkan pada semester pertama di tahun depan. Facebook tetap yakin meskipun pengumuman itu langsung menimbulkan pertanyaan dari para regulator dan politisi di seluruh dunia.

Mati Greenspan, seorang analis di eToro, mengatakan kenaikan bitcoin menggarisbawahi meningkatnya optimisme di kalangan investor ritel bahwa rencana Facebook adalah bagian dari tren yang lebih luas dari perusahaan besar yang mengadopsi cryptocurrency.

"Mereka percaya bahwa Libra akan menciptakan kesadaran massa cryptocurrency dan bertindak sebagai pintu gerbang untuk adopsi," ungkapnya yang dikutip dari portaljabar.net melalui Reuters.

Meski Libra dan Bitcoin memang tidak berkaitan satu sama lain, namun kedua mata uang kripto itu sama-sama mengandalkan teknologi blockchain untuk alur transaksi di ranah maya.

Berdasarkan data dari CryptoSlate, selain Bitcoin, mata uang kripto lain juga terpantau mengalami tren peningkatan, seperti Ethereum, Bitcoin Cash, hingga Binance Coin. Peningkatannya bervariasi, dari 5 persen hingga 8 persen.(al/*)

Tags:

Berita Terkait

Related News