Jaringan Cirebon Untuk Kemanusiaan Gelar Diskusi Publik 'Mempererat Ukhuwah Wathoniyah'

CIREBON - Jaringan Cirebon untuk Kemanusiaan menggelar Diskusi Publik dengan tema "Mempererat Ukhuwah Wathoniyah dengan Semangat Idhul Fitri Pasca Pemilu Serentak 2019", yang digelar di Jalan Perjuangan Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Selasa (25/6/2019).

Dalam Agend tersebut, diisi oleh beberapa narasumber diantaranya Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Cirebon, Iing Daiman, KH. M. Ma’shum HDA Al-Mustawa, dan Ahmad Kaelani, serta dihadiri oleh puluhan peserta yang terdiri dari berbagai profesi, akademisi, aktivis Cirebon, dan mahasiswa di Kota Cirebon.

Dalam kesempatam itu Iing Daiman menyampaikan, Cirebon sejak 2011 terpilih sebagai Kota Cerdas. Budaya kearifan lokal yang tidak bisa ditinggalkan.

"karena budaya lokal adalah pendorong dan pondasi utama masyarakat yang perlu dijaga dan dikembangkan, "katanya.

Terkait dengan pemilu, lanjut Iing dilihat dari kacamata Keminfo, sempat ditemui adanya pemblokiran dan adanya pembatasan konten untuk di uplod dalam dunia sosial.

"Perkembangan teknoogi mempermudah kita dalam mengakses segala informasi, baik info yang baik maupun yang tidak, lalu apa yang bisa kita lakukan, " katanya.

langkah yang dilakukan dalam menggunakan media sosial itu, yakni sebelum menyebar luaskan informasi saring dulu informasi tersebut sebelum share, kemudian cek kebenarannya.

"dalam menggunakan media sosial Kita harus selektif memilih info-info faktual yang sudah dicek terlebih dahulu kebenarannya. Penyebaran informasi dari yang bermanfaat hingga berujung penjara hari ini malang-melintang di negara kita, "katanya.

Sementara itu KH. M. Ma’shum HD Al- Mustawa yang juga tokoh agama ini menyampaikan, Indonesia tidak bisa dikalahkan dengan agresi militer. Karena Indonesia menganunt pembelaan rakyat semesta. 

"Satu satunya jalan yang bisa dilakukan untuk melumpuhkan Indonesia adalah melalui ide generasi mudanya, melalaui sosial media, dan merusak melalui narkobanya, minuman kerasnya. oleh karena itu untuk menjaga Indonesia ini, kita harus bersatu untuk melawan hal itu semua, "katanya. (abr)

Tags:

Berita Terkait

Related News