Ini Amanah Sultan Sepuh Untuk Camat Dan Kuwu Desa Jamblang

CIREBON,- Sultan Sepuh Kasepuhan XIV, PRA Arief Natadiningrat mengingatkan Camat dan Kuwu Jamblang persiapkan bangunan tua ini menjadi cagar budaya.

 

Hal itu disampaikan saat sambutan dalam rangkaian deklarasi destinasi Gedung Tua Jamblang. Menurutnya, kegiatan hari ini sangat bersejarah bagi Desa Jamblang yang diresmikan menjadi Desa Wisata Gedung Tua.

"Dijadikannya destinasi wisata ini, tentu ingin dikunjungi oleh wisatawan. Harapannya, agar Desa Jamblang, khususnya kawasan Pacinan ini tumbuh berkembang dari segi ekonominya," katanya, Kamis (27/06/2019)

Sultan juga mengingatkan, jika ingin didatangi wisatawan, tentunya Camat dan Kuwu Desa Jamblang ini harus menciptakan suasana nyaman dan tertib.

"Jangan sampai saat wisatawan masuk ke rumah tua, di dalam isinya binatang. Karenanya yang harus disiapkan adalah penataan gedung tua yang menjadi nilai jual kepada para wisatawan, "katanya.

Bukan hanya bangunan tua yang dijadikan destinasi wisata, menurut Sultan, di Desa Jamblang ini terdapat wisata kuliner khas makanan jamblang serta kerajinan tangan yang harus diangkat potensinya.

"Di Desa Jamblang ini, bukan hanya bangunan tua saja, tentu kita jual juga kulinernya dan kerajinan tangan yang yakni Desa jamblang," tuturnya.

Ia juga meminta kapada semua stakeholder harus membantu untuk mewujudkan Desa Jamblang menjadi destinasi wisata gedung tua.

"Kita harus betul-betul kompak untuk mengangkat budaya dan pariwisata di Cirebon," tandasnya. (abr)

 

 

Tags:

Berita Terkait

Related News