Bank Indonesia Beri Bantuan Kemandirian Pesantren

KUNINGAN,- Bank Indonesia (BI) memberikan Bantuan Program Kemandirian Pesantren dengan Penyerahan PBSI  sekaligus  silaturahmi TPID se-Ciayumajakuning di Obyek Wisata WoodLand, Pondok Pesantren Madinatunnajah, Desa Setianegara, Cilimus, Senin (1/7/2019).

Pimpinan Pesantren Madinatunnajah KH. Mardani Zupri, menuturkan pembangunan wisata Woodland sudah direncanakan 15 tahun yang lalu. Tahun 2018, kata dia, pembangunan akhirnya dapat terwujud.

Meski sebelumnnya lokasi ini sebagian  tempat Galian C, namun sejalan waktu bekas galian juga menjadi daya tarik.

"Untuk luas lahan berikut pesantren 2,5 ha. Dari wisata ini dapat memberdayakan karyawan sekitar 30 orang, tentunya hal ini dapat berdampak pada peningkatan perekonomian," sebutnya.

Pimpinan BI Cabang Cirebon, Abdul Majid Ikrom, menyebut bantuan kemandirian  ini sebagai  program pengembangan ekonomi syariah untuk peningkatan upaya peranan masyarakat muslim yang menjadi prioritas.

"Dengan fokus  ke pondok pesantren untuk membangun kemandirian pesantren dengan program  bantuan beragam," katanya.

Sementara, Wabup Kuningan M Ridho Suganda sekaligus Ketua Tim Pengendali Implansi Daerah (TPID) Kuningan mengatakan, TPID  berperan juga untuk menjaga pengendalian  harga.

"Dengan deplasinya konsen kita  diperhatikan, agar perekonomian tetap tumbuh," tuturnya.

Wabup memberikan apresiasi kepada pesantren Madintunnajah, karena selain memberikan ilmu agama, namun mampu mengembangkan ekonomi. Salah satunya, imbuhnya, membangun wisata alam WoodLand yang luas dengan panorama alam yang indah.

Selain pesantren, Wabup juga menyampaikan desa yang sudah mendorong kemajuan perekonomian, seperti Desa Cibulan bisa merubah lahan Galian C yang puluhan hektar menjadi perkebunan kedelai yang tadinya gersang menjadi hijau.

"Desa ini  juga ada  , kiranya BI dapat membantu  bisa memanfaatkan dan  memberdayakan potensi yang ada untuk mendorong perekonomiannya. Semoga bantuan ke pesantren pesantren di Kuningan dapat bertambah," ungkap Wabup Edo sapaan akrabnya.

Dalam kesempatan itu BI memberikan bantuan PSBI dengan berbagai kebutuhan pesantren, diantarnya Pesantren Madinatunnajah Kuningan mendapat bantuan sarana edukasi dan wisata sebesar Rp.56.900.000, Pesantren Al Mukminien Indramayu bantuan Integreted Farming Pondok Pesantren  sebesar Rp 113.000.000, dan Rp 47.000.000 untuk yayasan Pondok Pesantren Khas Kempek untuk sarana Pengolahan sampah. (Om)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News