Meriahkan HUT Bhayangkara, Polres Garut Gratiskan Pajak Kendaraan

GARUT,- Kepolisian Resort (Polres) Garut memberikan layanan pembayaran pajak gratis untuk satu tahun kepada masyarakat. Bahkan dalam program yang diberi nama "Samdong atau Samsat Gendong" tersebut, pajak gratis diberikan kepada 100 orang pendaftar pertama. 

Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna mengatakan, program Samdong atau Samsat Gendong ini merupakan rangkaian dalam menyambut HUT Bhayangkara yang ke-73. Namun demikian, dalam program ini ada beberapa hal atau persyaratan yang harus dipenuhi dan diperhatikan. 

"Yakni khusus kendaraan bermotor pribadi, KTP elektronik, dan tentu pajak kendaraan maksimal jatuh tempo tepat pada 1 Juli, atau saat HUT Bhayangkara. Di luar tanggal itu tidak bisa," ujarnya kepada wartawan di Mapolres Garut, Senin (1/7/2019).

Menurut Budi, program ini dikhususkan untuk motor dengan kapasitas 125 cc ke bawah. Soalnya pemiliki motor jenis itu rata-rata merupakan kelas menengah ke bawah. Ia menyebut, peminat program Samdong ini sangat besar. Bahkan ada 100 lebih pemilik motor yang sudah mendaftar. 

"Kenapa 125 cc ke bawah? Sebab kebanyakan pemilik kendaraan kelas itu dari kelas menengah ke bawah. Peminatnya juga banyak, sudah 100 lebih yang mendaftar," ucapnya.

Budi pun berharap, dengan adanya program pembayaran pajak gratis ini, keberadaan polisi di tengah warga semakin dicintai, dan menjadi pelayan masyarakat yang profesional.  Pihaknya pun akan membuat program-program lainnya yang bisa semakin mendekatkan polisi dengan masyarakat.

“Kita terus berinovasi, untuk mewujudkan polri yang dekat, transparan, profesional dan moderat,” katanya. 

Novi (29), warga Kecamatan Banyuresmi, mengaku sangat senang adanya program Samdong tersebut, sehingga ia pun tak perlu mengeluarkan uang untuk membayar pajak motor miliknya. 
Menurut Novi, awalnya dirinya tidak tahu jika ada program tersebut. Ia yang tadinya berniat hendak membayar pajak ke Kantor Samsat, namun setibanya di sana (Kantor Samsat) diberitahu salah seorang petugas jika ada program pajak gratis di Mapolres Garut.  

"Awalnya saya mau bayar ke Samsat. Eh sama petugas malah disuruh ke Polres. Katanya ada program pajak gratis di Hari Bhayangkara. Pas datang ke sini (Polres) alhamdulillah ternyata memang ada," ucapnya.

Novi menyebut, selain digratiskan, proses pembayaran pajak pun tidak terlalu lama. Ia pun menyebut merasa sangat terbantu dengan adanya program ini.  

"Pajak motor saya Rp 200 ribu, alhamdulillah tidak sedikit pun keluarin uang," katanya.

Hal yang sama diungkapkan Eli (33), warga Kecamatan Garut Kota.  Ia pun mengaku sangat bersyukur dengan adanya program pajak gratis yang diadakan Polres Garut tersebut.  Apalagi, pajak tahunan motor miliknya habis tepat pada hari ini.

"Alhamdulillah sangat kebantu sekali. Senang juga karena tidak mengeluarkan uang. Terima kasih untuk Pak Kapolres, dan semoga ini bukan kali ini saja tapi bisa rutin setiap tahunnya," katanya. (agus)

Tags:

Berita Terkait

Related News