Simpan Buat Stok Musim Hujan, Petani Sayuran Majalengka Tanam Bawang Daun

MAJALENGKA,- Sejumlah petani sayuran di Kabupaten Majalengka di awal musim kemarau ini lebih memilih menanam Bawang Daun atau Polong daripada komoditas sayuran lainnya seperti bawang merah atau cabai.

"Lebih memilih tanam bawang daun buat simpan stok nanti di musim hujan, harganya juga lumayan bagus Rp.9.000 per kilogram,"kata Suganda petani sayuran di Desa Cibunut Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka.

Hal senada dikungkapkan Petani lainnya Ade Yadi, mengatakan harga bawang daun berada di kisaran Rp. 8.000- 15.000 per kilogramnya itu cukup bagus bagi para petani dan bisa meraih untung.

"Karena membeli bibit bawangnya saja Rp. 8.000 per kilogram, jadi masih bisa meraih untunglah, mudah-mudahan harganya naik lagi sehingga untungnya lebih besar,” jelas dia. 

Ade mengungkapkan ketika harga sedang bagus petani ramai-ramai menanam bawang daun namun ketika panen tiba-tiba harga suka mendadak turun.

Ia mengatakan para petani tidak  tahu siapa penentu kebijakan harga pasar yang selalu berubah dari waktu ke waktu. Mereka tahunya bila harga sedang anjlok mungkin jenis sayuran tersebut sedang melimpah ruah di pasaran, dengan kata lain penawaran tidak seimbang dengan permintaan. 

"Jadi ketika sedang panen harga suka turun, kami petani hanya menginginkan harga stabil karena modal yang dikeluarkan tetap sama," tukasnya.(Man)

Tags:

Berita Terkait

Related News