Kunker Ke Bali, Ketua DPRD Ingin Karawang Miliki Perda Desa Wisata

KARAWANG,- Kunjungan Kerja (Kunker) DPRD Karawang ke Pemerintah Kabupaten Gianyar Provinsi Bali beberapa waktu yang lalu, salah satunya adalah dalam rangka studi banding mengenai penerapan Perda Desa Wisata yang sudah berjalan optimal.

Karena saat ini dirasakan sangat penting untuk dibuatnya Perda Desa Wisata mengingat makin banyaknya destinasi wisata baru di desa dan pelosok Karawang.

Ketua DPRD Karawang, Toto Suripto yang juga ikut dalam rombongan kunker ini menyatakan pentingnya Perda Desa Wisata di Karawang dalam mengoptimalkan potensi wisata di Karawang.

"Salah satu hasil kunker kami ke Gianyar Bali, yaitu gagasan untuk membuat Perda Desa Wisata. Karena berdasarkan studi banding di Gianyar, Perda Desa Wisata dapat mendorong percepatan pengembangan kawasan wisata di kampung dan pelosok," ucap Toto kepada PortalJabar.net, Selasa (02/07/2019).

Toto menjelaskan, gagasan ini merupakan langkah yang bagus untuk segera mengoptimalkan potensi wisata di desa.

"Potensi wisata desa sangat besar di Karawang. Apalagi wisata di desa itu punya ciri khas memadukan keindahan alam, keragaman budaya, edutainment dan ekonomi kreatif sehingga sangat pas dijadikan referensi wisata keluarga," ucapnya.

Selain itu adanya perda ini, nantinya Pemerintah Desa bakal diberi ruang yang cukup untuk mengembangkan desa wisata. Termasuk akan diatur mengenai Ruang lingkup, promosi desa dan dorongan partisipasi publik.

"Perda ini mendorong partisipasi publik di desa karena kami sadar tanpa partisipasi pariwisata tak bisa berkembang," jelasnya.

Untuk saat ini terdapat beberapa destinasi wisata di desa-desa Karawang yang mulai dilirik wisatawan setempat maupun luar Karawang.

Seperti wisata alam di daerah Tegalwaru semisal Curug Cigentis, wisata pantai Samudra Baru, wisata mangrove Cilamaya dan masih banyak lagi. (uya)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News