Dihadapan Pejabat Pemprov Jabar, Bupati Indramayu Paparkan Kolaborasi Pembangunan

INDRAMAYU – Bupati Indramayu H. Supendi kembali dipercaya untuk memberikan paparan dan presentasi untuk mengkolaborasikan pembangunan antara Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Indramayu. 

Kini, orang nomor satu di Indramayu tersebut berbicara dihadapan 60 pejabat Provinsi Jawa Barat yang tengah mengikuti kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan V dan VI Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 yang berlangsung di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat, Kamis (04/07/2019).

Supendi memaparkan, sinkronisasi program kegiatan pembangunan antara pusat dan daerah merupakan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, sinkronisasi tersebut bisa dilihat dari system perencanaan pembangunan nasional, provinsi, dan kabupaten/kota.

Untuk tingkat Provinsi Jawa Barat, saat ini talah disusun visi dan misi dibawah kepemimpinan Gubernur Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur UU Ruzhanul Ulum yakni “Terwujudnya Jawa Barat Juara Lahir Batin dengan Inovasi dan Kolaborasi”  dengan misi Membentuk manusia Pancasila yang bertaqwa melalui peningkatan peran masjid dan tempat Ibadah sebagai pusat peradaban;  Melahirkan Manusia yang berbudaya, berkualitas, bahagia dan produktif melalui peningkatan pelayanan publik yang inovatif ; Mempercepat pertumbuhan dan pemerataan pembangunan berbasis lingkungan dan tata ruang yang berkelanjutan melalui peningkatan konektivitas wilayah dan penataan daerah ; Meningkatkan produktivitas dan daya saing ekonomi umat yang sejahtera dan adil melalui pemanfaatan teknologi digital dan kolaborasi dengan pusat-pusat inovasi serta pelaku pembangunan ; Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang inovatif dan kepemimpinan yang kolaboratif antara Pemerintah Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota.

Supendi menambahkan, visi dan misi Jawa Barat tersebut ternyata sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Indramayu yakni  ”Terwujudnya Masyarakat Indramayu yang Religius, Maju, Mandiri, dan Sejahtera , serta Terciptanya Keunggulan Daerah” dengan misi Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Berbasis Ajaran Agama, Ilmu Pengetahuan , Teknologi dan Budaya Lokal ; Meningkatkan Kemakmuran Masyarakat Melalui Penguatan Lembaga Ekonomi Kerakyatan serta Keserasian Industri dan Pertanian ; Mengembangkan Infrastruktur Wilayah dan Pengelolaan Lingkungan secara Selaras, Lestari dan Optimal ; Meningkatkan Peran Masyarakat dalam Mewujudkan Keunggulan Daerah yang Berbasis Kearifan Lokal ; Mengembangkan Reformasi Birokrasi dengan Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Profesional dan Mengayomi Rakyat ; Menguatkan Peran Pemerintah Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat ; dan Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. 

“Ada agenda utama yang harus dilakukan pada tahun 2020 dalam mendukung sinergitas pembangunan Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat  dan nasional. Ini membutuhkan komitmen kita bersama untuk saling menguatkan,” tegas Supendi.

Agenda utama tersebut yakni melakukan akselerasi peningkatan IPM; melakukan akselerasi laju pertumbuhan ekonomi; menurunkan tingkat kemiskinan; menurunkan angka pengangguran; memantapkan infrastruktur; dan menumbuhkan kemandirian daerah. 

Dalam paparan yang disampaikan Bupati Indramayu tersebut, para peserta sangat antusias karena mereka merupakan para pejabat yang ada dilingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.(haq)

Tags:

Berita Terkait

Related News