Terobos Rel Kereta Tanpa Palang Pintu, 5 Penumpang Mobil Nyaris Tewas

CIREBON,- Kecelakaan kereta api di Cirebon kembali terjadi. Kali ini sebuah mobil Daihatsu Xenia dengan nomor polisi E 1424 KR terserempet kereta api di Jalur KA Bandengan tepatnya Parujakan - Waruduwur KM 215 + 8 termasuk Desa Bandengan Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon.

Manager PT KAI Daop 3 Cirebon Kuswardoyo menjelaskan, insiden itu bermula, saat mobil dengan nomor polisi E 1424 KR yang dikemudikan Udin, melintas dari arah Luwung Menuju arah Bandengan.

"Pengemudi itu sempat diperingati oleh Pak Ogah, mendengar peringatan itu, pengemudi langsung injak pedal rem dan mesin langsung mati tepat diatas perlintasan kreta, “katanya. Jumat (06/07/2019)

Mengetahui kereta sudah dekat, mobil tersebut didorong mundur dengan dibantu Pak Ogah. Namun upaya penyelamatan itu tak membuahkan hasil, sehingga mobil yang berpenumpang lima orang itu terserempet kereta api.

Beruntung mobil itu hanya terserempet, sehingga tidak menimbulkan korban jiwa, hanya mengalami kerusakan pada bagian depan mobil itu.

Insiden itu, lanjut Kuswardoyo, murni karena ketidak hati-hatian para pengemudi, sehingga menjadi sebab terjadinya kecelakaan lalulintas di perlintasan sebidang.

"Ini murni karena ketidak hati-hatian para pengemudi. Karena sebelum melintasi perlintasan kereta api itu, sudah diberikan peringatan, namun tetap memaksakan diri, sehingga menimbulkan kecelakaan, “katanya.

Dengan seringnya kejadian itu, ia sangat berharap agar pemerintah daerah dapat bergerak cepat untuk menutup perlintasan tidak resmi yang ada.

Atau mengajukan izin resmi pembukaan perlintasan kepada Dirjen Perkeretaapian sesuai amanat UU 23 tahun 2007 tentang Perkeretaapian dan Permenhub No. PM. 36 tahun 2011 tentang Perpotongan dan atau Persinggungan antara  Jalur Keretaapi dengan Bangunan Lain.

"Karena PT KAI  tidak memiliki kewajiban  untuk memasang palang pintu perlintasan, yang berkewajiban untuk menyiapkan palang pintu dan kelengkapan prasarana lainnya itu adalah pihak yang mengajukan dan mendapat izin  pembukaan perlintasan," katanya.

Sementara itu, Kejadian tersebut saat ini ditangani Polsek Mundu dan telah dilakukan evakuasi serta mengamankan dari kerumunan warga.(abr)

Tags:

Berita Terkait

Related News