Isak Tangis Iringi Pemakaman Sutopo Di Boyolali

PORTALJABAR.net - Isak tangis iringi pemakaman Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, di Boyolali, Senin, 8 Juli 2019. Ratusan pelayat ikut mengantar jenazah Sutopo ke tempat peristirahatan terakhirnya di tempat pemakamam umum, Sonolayu, Boyolali.

Prosesi pelepasan jenazah di rumah duka dipimpin langsung Kepala BNPB Letjen TNI Doni Munardo. Sebelum diberangkatkan menuju makam, keluarga terlebih dahulu melakukan prosesi brobosan.

Setelah prosesi pelepasan selesai, kemudian peti jenazah yang ditutup dengan Bendera Merah Putih langsung diusung menuju mobil jenazah. Selanjutnya, mobil jenazah milik PMI Boyolali itu langsung berjalan menuju pemakaman dengan diiringi ratusan pelayat.

Setibanya di tempat pemakaman umum Sonolayu, peti jenazah langsung dibawa menuju liang lahat. Hanya saja sebelum dimakamkan, dilakukan prosesi penghormatan terakhir yang kembali dipimpin oleh inspektur upacara, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Munardo.

Dalam prosesi penghormatan terakhir itu juga dibacakan riwayat hidup Sutopo Purwo Nugroho. Setelah itu dilanjutkan dengan prosesi penurunan peti jenazah ke dalam liang kubur.

Saat jenazah diturunkan ke liang kubur, istri dan putra sulung Sutopo tampak terisak menangis. Bahkan, sejumlah kerabat terlihat memapah dan mendampinginnya. Kedua orangtua Sutopo dan adik kandungnya juga terlihat terpukul dengan kepergian anggota keluarganya itu.

Keluarga besar Sutopo mendapatkan kesempatan pertama untuk menabur bunga di liang lahat sebelum ditimbun dengan tanah. Setelah itu, prosesi penimbunan tanah diawali oleh Doni Munardo dilanjutkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Bupati Boyolali.(*)

Tags:

Berita Terkait

Related News