Indramayu, Tempat Pilihan Berdirinya Kampus 2 IAIN Syekh Nurjati Cirebon

INDRAMAYU-Pemerintah Kabupaten Indramayu bersama dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon telah resmi menandatangani kesepakatan kerjasama untuk membangun kampus 2 IAIN yang berlokasi di Kabupaten Indramayu, Senin (8/7/2019).

Berlangsung di ruang Pendopo Indramayu, kesepakatan kerjasama ini pun ditandatangani oleh Bupati Indramayu H. Supendi beserta Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon Dr. H. Suminta, M. Ag. Turut hadir seluruh jajaran civitas akademika IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Asisten Administrasi, Kepala Dinas Pendidikan, dan Kepala Bagian Kesra. 

Dikatakan Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, penandatanganan kesepakatan bersama ini merupakan langkah awal kerjasama dengan Pemkab Indramayu untuk pengembangan kampus IAIN. 

Menurutnya, saat ini IAIN Syekh Nurjati Cirebon telah memiliki jumlah ribuan mahasiswa. Dengan demikian, dibutuhkan pengembangan kampus 2 yang berada di Kabupaten Indramayu.

"Kami melakukan persiapan untuk pengambangan kampus kami. Jumlah mahasiswa setiap tahunnya terus bertambah dan Indramayu dipilih sebagai tempat kampus 2 kami," terang Suminta. 

Sementara itu, Bupati Indramayu menuturkan bahwa kerjasama dengan IAIN Syekh Nurjati Cirebon ini merupakan komitmen Pemkab Indramayu untuk terus meningkatkan kualitas SDM masyarakat Indramayu.

Adapun pembangunan IAIN Syekh Nurjati Cirebon ini direncanakan bertempat di Blok Ciputat, Desa Cikawung, Kecamatan Terisi, atau tepatnya berada dekat exit tol Cikedung Cipali. 

Supendi menambahkan, kawasan Cikawung sendiri saat ini merupakan kawasan yang paling banyak diminati oleh para investor karena semakin banyak pihak luar yang ingin berinvestasi di daerah tersebut. 

Keberadaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon di tempat itu, dipercaya akan menjadi peradaban baru bagi perkembangan daerah itu. Apalagi, nantinya akan banyak mahasiswa yang kuliah di kampus tersebut. 

"Selama ini jumlah mahasiswa IAIN yang berasal dari Kabupaten Indramayu cukup besar. Dengan adanya kampus 2 ini, maka akan terjadi pergeseran mahasiswa. Selain itu, ini akan menjadi perkembangan pesat karena berbatasan langsung dengan Majalengka, Sumedang, dan Subang," pungkas Supendi. (haq).

Tags:

Berita Terkait

Related News