Lewat Kopdar, Ridwan Kamil Paparkan 9 Prioritas

KUNINGAN-Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (Kopdar) Gubernur dengan Bupati/Wali kota se-Jawa Barat Triwulan II Tahun 2019 sukses diselenggarakan di Hotel Prima Resort Jalan Panawauan Desa Panawuan, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Kamis (11/7/2019).

Dalam kegiatan tersebut, ada beberapa agenda di antaranya penyampaian RKPD tahun anggaran 2020, rencana aksi Citarum Harum, penandatanganan kesepakatan bersama, penandatanganan, penandatangan kerja sama pemantauan Citarum, penandatanganan kerjasama pengelolaaan persampahan serta penandatanganan kerjasama penanganan limbah.

Bupati Kuningan, H Acep Purnama mengatakan, ada manfaat yang bisa lebih awal dilakukan guna mengidentifikasi beberapa program yang akan diwujudkan dalam sebuah usulan untuk kegiatan-kegiatan yang akan datang. 

"Selain itu, terkait rencana pembangunan strategis Jawa Barat juara lahir batin, Kabupaten Kuningan menangkap visi Provinsi Jawa Barat dengan strategi pembangunan nasional maupun upaya mewujudkan kuningan yang Maju (Ma'mur, Agamis, dan Sejahtera) berbasis tahun 2019," bebernya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan, pemerintah Jawa Barat ada program 9 prioritas di tahun 2020. Di antaranya akses pendidikan untuk semua, mulai SPP di tingkat SMP, SMA, SMK, atau sederajat. 

Desentralisasi layanan kesehatan, lanjut Ridwan, pemerintah provinsi tengah menganggarkan yang cukup besar. Yaitu, dengan program doktor keliling untuk mendatangi masyarakat yang kurang mampu. Baik itu di pedesaan maupun di perkotaan dengan dibekali peralatan medis yang memadai. 

"Ada juga untuk pertumbuhan ekonomi umat berbasis inovasi, di mana nantinya bisa menciptakan para wirausahawan di lingkungan pesantren-pesantren di Jawa Barat," ucapnya.

Adapun capaian melalui kegiatan ini yakni untuk provinsi Jawa Barat dalam proses pembangunan baik di bidang kesehatan, pertumbuhan ekonomi, maupun lainnya bisa menjadi konsentrasi bersama. Sehingga, ada sinergitas pemerintah daerah dengan pemerintah provinsi. (om).

Tags:

Berita Terkait

Related News