Ridwan Kamil Gandeng DLHK Karawang Wujudkan Citarum Harum

KUNINGAN-Sebagai stimulan dalam percepatan pemulihan sungai citarum, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang menandatangani kerjasama bantuan dari Gubernur Provinsi Jawa Barat. Hal tersebut, diselenggarakan sebagai Program Citarum Harum, Kamis (11/7/2019).

Bertempat di Aula Prima Resort Sangkanhurip Kuningan, Jalan Panawuan nomor 121 Sangkanhurip Kuningan, Cigandamekar, Kuningan Jawa Barat, kegiatan ini turut ihadiri oleh seluruh Bupati/Walikota se-Jawa Barat.

Kepala DLHK Karawang, Wawan Setiawan mengatakan, acara penandatanganan kerjasama ini dipadukan dengan acara Koordinasi Penyelenggaraan pemerintahan Daerah (Kopdar) dihadiri oleh seluruh Bupati/Walikota se-Jawa Barat.

"Kabupaten Karawang sebagai salah satu kabupaten/kota yang teraliri Sungai Citarum mendapat bantuan dari Provinsi Jawa Barat, dalam rangka uji kualitas air Citarum," ucap Wawan pada Portaljabar.net, saat dihubungi via wa telepon selularnya.

Lanjut Wawan, Sungai Citarum memiliki fungsi dan peran yang sangat penting bagi hidup dan kehidupan di wilayah Jawa Barat. Fungsi hidrologis dari sungai citarum adalah menampung curah air hujan yang jatuh di Daerah Aliran Sungai (DAS)-nya dan mendistribusikan keseluruh wilayah alirannya.

"Maka, dengan bantuan yang diberikan oleh Provinsi Jawa Barat (Banprov) ini, program percepatan pemulihan sungai citarum dapat terlaksana dengan cepat dan baik. Sehingga kelestarian sungai citarum bisa kembali seperti semula dan dapat dugunakan oleh masyarakat," pungkasnya. (wins).

Tags:

Berita Terkait

Related News