Menanam Mangrove Warnai Peringatan Hari Lingkungan Hidup

KARAWANG-Kegiatan penanaman kurang lebih 40 ribu pohon mangrove oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang sukses dilaksanakan di area hutan mangrove Pasir Putih Desa Sukajaya Kecamatan Cilamaya Kulon dan pesisir pantai Tangkolak Desa Sukakerta, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang.

Penanaman mangrove ini pun dalam rangka mewarnai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Pada kesempatan tersebut, Pemkab Karawang menggandeng 40 perusahaan yang ada di Kabupaten Karawang.

Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana tampak hadir dengan membuka acara dan secara simbolis melaksanakan penanaman mangrove bersama perwakilan 40 perusahan tersebut. Diakuinya, Pemkab Karawang akan terus menggali potensi wisata di wilayah pesisir pantai utara Cilamaya agar menjadi kawasan wisata bahari.

"Kita sudah lama berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait dengan pengembangan wisata bahari di wilayah pesisir pantai itu. Terlebih, dipesisir pantai utara Karawang memiliki 52 hektar hutan mangrove dan keindahan bawah lautnya, seperti terumbu karang ditambah adanya peninggalan sejarah zaman VOC," tutur Bupati Karawang dalam kesempatan itu.

Ditempat yang sama, Sekretaris DLHK Karawang, Rosmalia Dewi sekaligus selaku panitia penyelenggara kegiatan menuturkan, bahwa dalam penanaman 40 ribu mangrove ini ditanam di dua titik wilayah Cilamaya.

"Kegiatan penanaman mangove ini menjadi peran penting dalam melindungi area pesisir pantai dari kerusakan, seperti erosi dan abrasi. Serta dapat di manfaatkan oleh masyarakat sekitar pantai untuk dikelola sebagai tempat wisata," ucap Ros usai kegiatan.

Terakhir, harapan melalui kegiatan ini yakni hutan mangrove bisa memberikan pendapatan alternatif bagi nelayan sekitar dalam waktu 40 tahun kedepan akan dirasakan manfaatnya oleh anak cucu dan masyarakat setempat untuk mengais rezeki. (wins).

Tags:

Berita Terkait

Related News