Kental Nuansa Jaman Dulu, Rumah Tua Sejak 1813 Ini Masih Berdiri Kokoh

CIREBON,- Terlihat asri dan kental nuansa jaman dulu, rumah yang di bangun pada tahun 1813 atau pada masa zaman Belanda ini menjadi bangunan satu-satunya yang memiliki daya tarik tersendiri ketika kita melintas di jalan Desa Gesik, Kecamatan Tengahtani Kabupaten Cirebon.

Pasalnya, hingga kini rumah tua tersebut masih berdiri kokoh dan terawat sangat baik.

Sejak awal dibangun hingga turun temurun, rumah tua itu tidak pernah berubah bentuk. Hingga terakhir pada tahun 2010 rumah tua tersebut statusnya milik alm H.Anayah dan Nunung, dan sekarang sudah menjadi bagian dari ahli waris anak - anaknya.

Olahudin, salah satu anak dari H.Anayah menuturkan, rumah tua ini hanya mengalami renovasi satu kali yaitu pergantian atap dan lantai saja, yakni di pojok sisi sebelah kanan terdapat sebuah bangunan kecil menyerupai pendopo yang terbuat dari kayu jati

"Rumah ini di beli orang tua saya dari seseorang sesepuh, saya lupa namanya itu sekitar tahun 2010 silam, dulu kondisinya seperti tidak terawat," kata pria yang akrab di sapa Ola ini.

Menurutnya, kusen pintu, jendela dan tiang penyangga atap rumah masih asli. Melihat bangunan masih kokoh dan asli, imbuh dia, orang tuanya  waktu itu hanya memperbaiki atap rumah dan bikin taman saja.

Semua titik di rumah ini, kata Ola, masih asli tidak ada yang di rubah sedikitpun. Bahkan ada tulisan berupa angka yang menandakan rumah ini di bangun pada tahun 1813 pun masih ada, tulisan angka itu ada di bagian atap.

"Konon katanya, puluhan tahun lalu, di wilayah ini masih banyak rumah peninggalan Belanda, akan tetapi karena tidak terawat, sehingga hilang dengan sendirinya," tandasnya. (jhn)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News