Kian Menggila, Pembangunan Di KBU Ancam Keberadaan Mata Air

BANDUNG-Keberadaan sumber mata air yang menyuplai kebutuhan air Kota Bandung tepatnya di Kawasan Bandung Utara (KBU), saat ini teramcam musnah. Pasalnya, lantaran makin menggilanya pembangunan komersil di wilayah tersebut. 

Manajer Advokasi dan Kampaye Walhi Jawa Barat, Meiki W. Paendong, menyayangkan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir rekomendasi dan izin-izin untuk pembangunan sarana komersil di KBU banyak diberikan. 

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Portaljabar.net, pembangunan tersebut seperti perumahan elit dan hotel-hotel. Secara teknis akibat pematangan lahan menyebabkan beberapa sumber-sumber mata air ikut terurug.

"Kalau terus dibiarkan, mata air akan hilang dan imbasnya kepada masyarakat," ungkap Meiki, Jumat (19/7/2019).

Adapun sumber mata air itu, lanjut Meiki, juga digunakan juga oleh warga sekitar. Dampaknya akan ada krisis air bersih bagi warga sekitar terutama di musim kemarau ini.

Dengan demikian, hal tersebut bisa berdampak menjadi konflik sosial akibat perebutan sumber-sumber mata air yang masih ada.

Lebih lanjut, Meiki menambahkan, moretarium rekomendasi gubernur dan izin lingkungan untuk proyek-protek yang mengambil lokasi di KBU.

"Harus segera dihentikan pembangunan di KBU," pungkasnya. (ivn).

Tags:

Berita Terkait

Related News