Rektorat Dituding Larang HMI Karawang Pakai Aula Unsika

KARAWANG-Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Karawang yang sebagian kadernya adalah mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika), pada tanggal 25 Juli 2019 mendatang bakal melaksanakan kegiatan Workshop Kewirausahaan yang bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga. 

Acara ini rencananya akan dilaksanakan di Aula Unsika. Namun belum lama ini, pihak panitia acara mendapat kabar dari Rektorat Unsika bahwa aula Unsika tidak bisa dipergunakan oleh HMI dengan dalih bertentangan dengan Peraturan Kemahasiswaan Tahun 2019. 

"Kenapa dilarang digunakan, padahal kita sudah booking Aula Unsika dari bulan Juni ke bagian umum Rektorat Unsika dan di izinkan oleh bagian umum," ucap Hassan F Wijaya, Ketua Bidang Perguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Kepemudaan HMI Karawang, Minggu (21/7/2019).

Menurut Hassan, Peraturan Kemahasiswaan tahun 2019 tidak memiliki dasar hukum yang jelas karena tidak ada Undang-undang yang melarang bahwa Organisasi Eksternal tidak boleh masuk kampus ataupun memakai Aula Kampus. Bahkan Permenristekdikti No. 55 Tahun 2018 mengizinkan Organisasi Eksternal masuk kampus.

"Saya selaku Kabid Perguruan Tinggi, Kemahasiswaan dan Kepemudaan HMI Cabang Karawang sangat menyayangkan kejadian ini. Yang membuat saya heran, kenapa hari ini kami mahasiswa yang tergabung dalam bingkai organisasi yang bernama HMI Cabang Karawang tidak diperkenankan untuk menggunakan sarana prasana Universitas Singaperbangsa yang notabene kader HMI Cabang Karawang adalah Mahasiswa Unsika," ujarnya.

Hassan menyatakan keanehan larangan ini, padahal penggunaan aula Unsika untuk kegiatan lain seperti kegiatan pernikahan dan organisasi lain bisa terlaksana dan tidak dilarang.

Karena itu, HMI Cabang Karawang berharap dapat beraudiensi dengan Wakil Rektor Kemahasiswaan. Tujuannya adalah agar kegiatan Workshop Kewirausahaan tetap terlaksana di Aula Unsika.

Menurut Hassan, tujuan kegiatan Workshop Kewirausahaan ini sangatlah bermanfaat bagi para mahasiswa. Manfaatnya yang didapat adalah untuk meningkatkan kemampuan berwirausaha, memotivasi untuk memulai usaha sejak dini, menciptakan SDM yang berkualitas, kreatif sebagai bekal dalam berwirausaha, membangun jejaring bisnis, menciptakan wirausaha pemula dan mengembangkan home industri dan UKM.

Sementara itu, Humas Unsika Karawang, Muhammad Riva Arifin mengatakan, tidak pernah ada larangan mengenai penggunaan aula Unsika. 

"Yang saya ketahui belum pernah ada larangan penggunaan aula, kecuali memang sudah ada yang akan menggunakan aula," ucap Riva.

Kata Riva, sebaiknya pihak HMI mengkonfirmasi masalah ini langsung ke bagian Umum untuk mengetahui seperti apa kebenarannya. (uya).

Tags:

Berita Terkait

Related News