Mahasiswa KKN Unsika Upayakan Penghijauan Di Kembangkuning

Purwakarta - 25 Juli 2019. Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang bersama Aparatur Desa dan masyarakat melakukan penanaman penanaman pohon di Desa Kembangkuning, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. Pohon yang ditanam merupakan bibit pohon Sengon sebanyak 25 buah dan juga bibit pohon Sirsak sebanyak 25 buah. 

Bibit pohon tanaman tersebut diberikan langsung kepada pihak LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat)  Universitas Singaperbangsa Karawang. Sejalan dengan tema  KKN Universitas Singaperbangsa Karawang yaitu Tematik Citarum Harum. Mahasiswa dari Desa Kembangkuning mengambil bibit pohon di Persemaian Permanen yang ada di Jomin Timur, Kecamatan Kota Baru, Kabupaten Karawang. Mahasiwa Universitas Singaperbangsa Karawang yang terlibat terdiri dari 2 Kabupaten, yaitu Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta.

Persemaian (Nursery) merupakan area untuk kegiatan memproses benih atau bahan lain dari tanaman, menjadi bibit atau sampai yang siap ditanam di lapangan penanaman secara langsung ke lapangan dilakukan apabila biji-biji (benih) tersebut berukuran besar dan persediaannya melimpah. Sementara benih yang lazim disemaikan yaitu benih yang berukuran kecil, dan tumbuh cukup rapat dan juga diperlukan perlakuan khusus untuk bertunas dan berkecambah.

Persemaian Permanen adalah jenis Persemaian yang biasanya memiliki lokasi yang menetap di suatu tempat, ukuran luasnya lebih besar dan digunakan untuk melayani areal yang lebih luas. Persemaian sendiri bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk memberikan 1000 bibit tanaman untuk satu Desa dalam KKN Tematik Citarum Harum ini. namun dikarenakan Desa Kembangkuning kekurangan Lahan Pemerintah, sehingga pihak Desa sendiri hanya menyanggupi 50 bibit pohon saja. Penanaman bibit pohon ini dilakukan oleh Mahasiswa KKN Universitas Singaperbangsa Karawang di lahan dekat dengan sungai Cikembang RT 02/RW 03 Desa Kembangkuning, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta.

Diharapkan dengan adanya penanaman bibit ini, walaupun hanya ada 50 bibit pohon saja semoga kelak bibit ini akan berguna bagi masyarakat Desa Kembangkuning dan Desa pun akan jauh lebih asri dengan banyaknya tanaman hijau yang ada di sekitar lingkungan masyarakat.

Tags:

Berita Terkait

Related News