Emil Berdialog Langsung Dengan Warga Terdampak Kebocoran Pertamina

KARAWANG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berdialog langsung dengan warga dan para pekerja terdampak kebocoran Pertamina saat berkunjung ke Desa Cemarajaya Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang, Rabu (7/8/2019).

Salah seorang warga Desa Cemarajaya yang tidak menyebutkan saat ini ia ikut bekerja membersihkan tumpahan minyak tersebut. Saat ini, kata dia, keluarganya sudah mulai merasakan akan dampak limbah Pertamina seperti gatal dan batuk.

"Dampaknya sudah mulai dirasakan oleh keluarga saya. Istri dan anak saya sudah terkena batuk dan gatal akibat bau minyak yang sangat menyengat. Anak saya yang lain juga mengalami gatal yang diakibatkan terkena minyak saat bermain dibibir pantai," paparnya dihadapan Gubernur.

Warga lain yang bekerja sebagai nelayan juga ikut membersihkan tumpahan minyak tersebut. Menurutnya, sejak adanya tumpahan minyak ia sudah tidak melaut lagi karena tidak ada ikan.

"Sejak adanya tumpahan minyak otomatis tidak melaut lagi. Sekarang kegiatan saya membantu membersihkan tumpahan minyak ini, lumayan lah ada penghasilan untuk anak istri walaupun belum mencukupi," ujarnya.

Sementara Gubernur Emil mengimbau kepada semua warga yang tinggal di Pesisir Pantai Utara Karawang, agar berhati-hati dan juga mengawasi anak-anaknya bermain di bibir pantai.

"Bila ada yang terkena dampak seperti sakit dan lainnya, segera melapor. Pertamina sudah berjanji sepenuhnya bertanggung jawab," tandasnya. (wins)

Tags:

Berita Terkait

Related News