Gatot: Gubernur Jabar Dan Dewan Harus Bersinergi

BANDUNG,- Anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Gatot Tjahyono menegaskan belum ada pembicaraan terkait interpelasi DPRD Jawa Barat kepada Gubernur Ridwan Kamil.

Wacana interpelasi ini berhembus terkait beberapa kegiatan program pembangunan yang saat ini sedang berjalan.

Menurut Gatot, ia  hanya melihat tidak harmonisnya komunikasi sesama pemerintahan daerah antara Gubernur dan DPRD jabar

"Dalam proses pemerintahan saat ini hubungan Gubernur dengan Dewan sebaiknya mengikuti filosofi daerah kita yakni "hade ku omong goreng ku omong " demi untuk mencapai optimalisasi program khususnya yang terkait kewenangan legislatif seperti anggaran," kata Gatot kepada PortalJabar.net di Bandung, Sabtu (10/8/2019).

Ia melihat peran strategis TAPD menjadi terbatas dalam komunikasi intensif dengan Dewan karena belum terbangunnya kepercayaan antara kedua belah pihak. Gatot yang akan segera mengakhiri tugasnya di DPRD Jabar pada bulan agustus ini mengimbau gubernur agar lebih peka terhadap harapan Dewan.

"Kepada rekan-rekan seperjuangan di Dewan juga agar introspeksi, lebih meningkatkan kinerja dan produktif serta mampu menyeimbangkan percepatan pembangunan dan keadilan semangat pertumbuhan dan pemerataan pembangunan," tuturnya.

Ia menambahkan, agar kedua belah pihak juga jangan merasa lebih dari yang lain.

"Seperti ungkapan lauk na benang caina herang" agar dalam merumuskan kebijakan sebaiknya dilakukan secara musyawarah dan fokus kepada sasarannya," ujar dia.

Gatot menambahkan progam revitalisaai situ, alun alun, pembenahan BUMD merupakan kegiatan pembangunan yang baik menyentuh langsung masyaraka perlu lebih terencana sehingga tidak macet dalam pelaksanaannya baik di tahun 2019 maupun 2020.

Sebagai anggota Banggar, imbuhnya, proses penganggaran harus betul-betul dicermati khususnya terkait kewenangan propinsi dan daerah dalam pelaksanannya.

"Saya berharap kedepan agar saling silih asah, silih asih dan silih asuh menjadi komitmen bersama dalam meraih Jabar Juara dan Jabar Ngabret," tandasnya. (nie/*)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News