Momen Kurban, Ajang Pembelajaran Siswa SMPN I Batujaya

KARAWANG - Setiap peringatan hari raya Kurban, siswa siswi SMPN I Batujaya selalu diberikan pembelajaran sodakoh melalui momen berkurban. Hal ini bertujuan agar siswa siswi memiliki jiwa kepedulian sosial terhadap sesama di lingkungan sekitar.

Kepala Sekolah SMPN I Batujaya, Engkus Sutisna, menyampaikan, bahwa kegiatan berkurban ini dilakukan disekolah ini setiap tahunnya.

Menurutnya, semua orang hidup di dunia ini hidup secara berkecukupan, ada sebagian dari mereka hidup kekurangan. Hal itu memberikan pelajaran bagi anak untuk lebih peduli kepada mereka yang tidak mampu secara ekonomi.

"Kita menanamkan kebiasan infak dan sodakoh sejak dini. Sedangkan daging kurban, kita sebarkan ke siswa kita yang yatim, piatu, dan yatim piatu yang ada di sekolah kita dan sebagian ke masyarakat sekitar yang paling dekat ke sekolah," kata Engkus pada PortalJabar.net, Selasa (13/8/2019)

Menurutnya, melalui momen kurban ini, para siswa lebih paham tentang kewajiban mereka sebagai umat muslim, untuk berkurban saat dewasa nanti. Disamping itu, orang tua siswa-siswi diharapkan mendukung sepenuhnya kegiatan ini, supaya bersama sama membimbing anak untuk lebih berkarakter.

"Harapan kedepannya agar para siswa terbiasa berbagi pada sesama," tandasnya.

Acara kegiatan dilaksanakan di halaman SMPN I Batujaya. Dihadiri, Kepala Sekolah, Guru Pembimbing, Pengurus komite dan tokoh pendidikan lain (mantan kepsek batujaya1) serta tokoh masyarakat sekitar. Dengan kegiatan berkurban ini merupakan upaya dari pihak sekolah untuk memberikan pendidikan karakter anak didik.(wins)

 

 

Tags:

Berita Terkait

Related News