30 Ribu Liter Air Bersih Didistribusikan Ke Empat Desa Di Kuningan

KUNINGAN, - Sebanyak 30 ribu liter air bersih didistribusikan ke empat desa di Kabupaten Kuningan. Keempat desa tersebut adalah Desa Cihanjaro, Desa Simpayjaya, Desa Sukasari di Kecamatan Karangkancana dan Desa Cileuya di Kecamatan Cimahi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agus Mauludin mengatakan, pihaknya telah melakukan pengiriman air bersih selama lima hari ini, dan akan berlanjut hingga warga tak lagi kesulitan air bersih.

"Kami kirim air bersih ke empat desa, tepatnya di Dusun Suka Asih Desa Cihanjaro, Dusun Sukamenak Desa Simpayjaya, Desa Sukasari, dan Desa Cileuya. Distribusi air bersih ini sudah mencapai 30 ribu liter lebih untuk desa tersebut," katanya kepada PortalJabar.net, Selasa (13/8/2019).

Masing-masing desa itu, Agus menerangkan, untuk Desa Cihanjaro dikirim 15 ribu liter, Desa Simpayjaya 5.000 liter, Desa Sukasari 5.000 liter, dan Desa Cileuya 5.000 liter.

Pengiriman ini dilakukan atas permintaan dari aparat desa setempat, yang ditindaklanjuti dengan pendistribusian air bersih.

"Namun sebelum dikirim, kamk  melakukan survey terlebih dahulu di lapangan, agar betul-betul dipastikan bahwa warga kesulitan air bersih. Hingga saat ini, baru empat desa itu yang dikirim air bersih secara bergiliran," terangnya.

Dirinya menjelaskan, pengiriman air bersih dilakukan oleh petugas BPBD dengan membawa kendaraan tangki air berdaya tampung 5.000 ribu liter. Kemudian untuk mempermudah proses pendistribusian, maka desa setempat disarankan membuat bak penampungan air sementara.

"Jadi saat tangki air datang, maka air bersih akan disalurkan terlebih dahulu di bak penampungan. Lalu warga dapat secara bergiliran menambil air ke rumah masing-masing," jelasnya.

Pihaknya menyebut, selain empat tadi itu, masih terdapat beberapa desa lain yang melaporkan kesulitan air bersih. Misalnya saja seperti Desa Cimahi di Kecamatan Cimahi, Desa Jambugeulis Kecamatan Cigandamekar, dan Desa Sukarasa Kecamatan Darma.

"Tapi untuk desa tersebut masih dalam konfirmasi, dan tengah dalam proses kajian tim BPBD untuk ditindaklanjuti, kami akan buat jadwal untuk kiriman ke daerah kekeringan yang lain setelah ada laporan dari tim survei," pungkasnya. (om)
   

Tags:

Berita Terkait

Related News