Anggota DPRD Jabar Dan Keluarganya Harus Bersih Dari Status Hukum

BANDUNG,- Penyerahan berkas penetapan anggota DPRD Jawa Barat terpilih periode 2019 - 2024 di Kantor KPU Jabar diwarnai aksi unjuk rasa.

Puluhan orang yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Mahasiswa Jawa Barat menggerudug Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, di Jalan Garut, Kota Bandung, Rabu (14/8/2019).

Kedatangan mereka dalam rangka menuntut agar anggota dewan untuk periode lima tahun kedepan bersih dari korupsi dan persoalan hukum lainnya. Massa meminta agar KPU melakukan verifikasi sebelum mengesahkan anggota DPRD Jabar terpilih.

"Kami meminta KPU agar melakukan verifikasi terhadap anggota dewan yang disahkan harus benar-benar bersih, baik individu maupun keluarganya, dari praktik korupsi maupun masalah hukum lainnya," tegas Ogi Marogi, koordinator lapangan, di sela-sela aksi damai.

Pasalnya, pihaknya mengindikasi adanya calon anggota dewan maupun keluarganya yang terlibat tindak pidana korupsi. Maka itu, anggota dewan terpilih harus terverifikasi dan benar-benar bebas dari persoalan korupsi ataupun masalah hukum.

"Kami mengindikasi ada satu individu yang keluarganya terindikasi korupsi. Untuk partainya, salah satu partai pemenang di Jawa Barat," cetus Ogi.

Meski dijaga ketat, aksi berjalan dengan damai. Kepolisian dan Dinas Perhubungan yang berada di lokasi hanya mengatur arus lalu lintas di sekitar kantor penyelenggara pemilihan umum itu.

Usai menyerukan tuntutan mereka, massa langsung membubarkan diri. (nie/*)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News