Peringati HUT RI, Pelajar SMKN I Tirtajaya Tampilkan Drama Tragedi Rawagede

KARAWANG,- Meriahkan HUT RI ke-74, SMKN I Tirtajaya menampilkan pagelaran sejarah Pembantaian Rawagede di halaman kantor Kecamatan Tirtajaya, Sabtu (17/8).

Para siswa siswi SMKN I Tirtajaya memperagakan adegan peristiwa pembantaian penduduk Kampung Rawagede diantara Karawang dan Bekasi oleh tentara Belanda pada 9 Desember 1947 sewaktu melancarkan agresi militer pertama.

Sebanyak 431 penduduk menjadi korban pembantaian dalam insiden tersebut.

Kepala Sekolah SMKN I Tirtajaya, Dedi Jubaedi, mengungkapkan bahwa penampilan seni ini merupakan salah satu seni teathre sosiadrama yang sudah dipersiapkan beberapa bulan lalu untuk ditampilkan di acara puncak HUT RI ke-74 ini.

"Peristiwa bersejarah ini tidak banyak diketahui masyarakat luas. Melalui seni teathre sosiodrama ini, kami ingin menyegarkan ingatan  khalayak bahwa di Rawagede pernah ada tragedi pembunuhan masal yang dilakukan oleh tentara Belanda pada tahun 1947," kata Dedi, pada PortalJabar.net, Sabtu (17/8/2019).

Dedi mengutarakan, pihaknya sangat bangga atas tampilnya anak anak didiknya di perayaan hari bersejarah ini.

Ia berharap melalui drama yang dimainkan oleh pelajar SMKN I Tirtajaya ini,  peringatan HUT RI tahun ini dapat menjadi momentum mengenang sejarah para pahlawan yang gugur.

"Melalui sosiodrama ini diharapkan anak anak SMKN 1 Tirtajaya tumbuh rasa nasionalisme dan patriotisme juga heroisme," tandasnya. (wins)

 

 

Tags:

Berita Terkait

Related News