Wah, Pemkab Karawang Belum Miliki Perda Penyandang Disablitas

KARAWANG,- Perlindungan dan pemberdayaan penyandang disabilitas merupakan kewajiban dari Pemerintah baik pusat maupun daerah. Salah satu perlindungan bagi penyandang disabilitas adalah kepastian hukum yang tertuang dalam aturan resmi.

Pemerintah Pusat sendiri telah mengatur secara rinci mengenai Penyadang Disabilitas dengan diberlakukannya UU No. 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas.

Namun di Kabupaten Karawang, hingga kini belum ada Peraturan Daerah (Perda) mengenai Penyandang Disabilitas.

Belum jelas penyebab mengapa Perda Penyandang Disabilitas, Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Karawang bersama DPRD Karawang belum juga berhasil dibuat. Leading sektor dalam permasalahan Penyandang Disabilitas yaitu Dinas Sosial Karawang mengakui adanya pekerjaan rumah soal Perda tersebut.

"Perda Penyandang Disabilitas ini merupakan PR kami yang belum bisa diwujudkan," ucap Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial Karawang, Diah Palupi Ekayanti, Senin (19/8).

Menurutnya, sebenarnya upaya untuk pembuatan Perda tersebut sudah dilakukan sejak lama namun sampai sekarang belum bisa terealisasi.

"Banyak aspek yang harus diteliti dalam pembuatan Perda Penyandang Disabilitas. Tidak mudah membuat Perda tersebut karena cukup rumit. Mudah-mudah dalam waktu dekat bisa segera terealisasi," ujarnya.

Selain kerumitan dalam penyusuan Perda Penyandang Disabilitas, kendala lain kata Diah adalah penyesuaian dengan karakteristik wilayah masing-masing.

"Perda Penyandang Disabilitas itu khas walaupun Peraturan Menteri Sosial sudah ada tapi harus disesuaikan dengan wilayah masing," tandasnya. (Uya)

Tags:

Berita Terkait

Related News