Danrindam III/Siliwangi Buka Latihan UST Satuan Tingkat Kompi Tank Yonkav 4/KC

BANDUNG,- Danrindam III/Siliwangi Kolonel Inf Indiarto Kusnohadi membuka latihan Uji Siap tempur (UST) Satuan Tingkat Kompi Yonkav 4/KC di Wilayah Mako Yonkav 4/KC Jalan Salak Bandung, Selasa (20/8).

Program latihan ini terdiri dari beberapa tahapan yakni latihan taktis baru kemudian melaksanakan UST.

"Saya yakin dari mulai Danyon sampai dengan anggota bertanggungjawab untuk melaksanakan latihan ini. Namanya uji untuk menguji kesiapan kita bahwa Yonkav 4 Siap tempur," kata Indiarto.

Menurutnya, tahun ini pembukaan latihan UST lebih sederhana dibanding tahun lalu.

"Tahun lalu bagaimana caranya supaya Kavaleri itu bisa berjalan uji siap tempurnya untuk OMSP yang sekarang OMP sehingga TNI bekerja secara profesionalitas TNI. Kalau TNI siap saya yakin OMSP sudah pasti siap," jelas Danrindam.

Ia mengatakan tugas pokok Yonkav 4 adalah sebagai satuan banpur Kodam III/Siliwangi mendukung Tugas pokok Kodam III. Sehingga, imbuh dia, persiapannya harus dicerminkan dari palaksanaan latihan terutama latihan uji siap tempur.

"Jadi saya harapkan betul-betul dilaksanakan dengan sebaik-baiknya," ungkapnya.

Indiarto mengungkapkan, UST tingkat Kompi ini merupakan pengujian latihan sehingga diharapkan Kodam sebagai pasukan  pengguna mengharapkan satuan ini siap untuk melaksanakan tugas.

Tujuannya dari latihan UST ini, imbuh dia, untuk menguji dan mengukur kemampuan tempur satuan Tingkat Kompi dalam mengaplikasikan tehnik, taktik dan prosedur Tingkat Kompi sesuai dengan ketentuan yang berlaku ".

"Mengingat latihan ini diluar sehingga laksanakan koordinasi yang baik. Baik kepada pendukung maupun kegiatan-kegiatan yang bersifat berhubungan dengan masyarakat sehingga kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan aman, lancer dan tertib serta mencapai tujuan yang diharapkan," ujarnya.

Pada UST satuan Tingkat Kompi Yonkav 4/KC ini menurunkan 15 unit Tank yang terdiri dari 9 unit Tank kanon 105, 4 unit Tank APC, dan 2 unit Tank kanon sebagai cadangan.

"Tumbuhkan semangat dan motivasi latihan sehingga latihan dapat dilaksanakan dengan benar. Kita berlatih untuk mempertanggung jawabkan kemampuan apa yang harus dipertahankan dan apa yang harus ditingkatkan. Perhatikan faktor keamanan baik personil maupun meteril," tandasnya. (nie/*)

Tags:

Berita Terkait

Related News