Sektor 13 Angkat Eceng Gondok Dari Sungai Citarum

PURWAKARTA, - Tumpukan eceng gondok yang menutupi permukaan air di aliran sungai Citarum persisnya di wilayah Desa Sukahaji, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta dibersihkan Satgas Citarum Sektor 13, Kamis (22/8).

Komandan Sektor 13, Kolonel Inf. Nazwardi Irham, mengatakan kegiatan yang melibatkan para anggota Satgas Sektor 13 dan sejumlah masyarakat tersebut dilakukan sebagai upaya dalam mensterilkan aliran sungai Citarum.

"Tumpukan eceng dondok ini kita angkat lalu kita musnahkan, karena tumbuhan eceng gondok ini dapat merusak keasrian sungai Citarum," kata Komandan Sektor 13 kepada PortalJabar.net.

Dia menambahkan, kegiatan serupa juga digelar di wilayah lain yang memang termasuk ke dalam wilayah Sektor 13.

"Di waktu yang bersamaan, pembersihan aliran sungai juga dilakukan di sungai Cigarot yang berlokasi di Kampung Lembur Rt 04/07 Desa Puteran, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Purwakarta," ujarnya.

Komandan Sektor 13 menyebut, upaya pengembalian sungai Citarum tersebut dilakukan secara rutin disetiap harinya tanpa mengenal libur.

"Hal ini dilakukan demi maksimalnya upaya kami dalam mewujudkan Citarum Harum," ucapnya.

Dia berharap, semua unsur masyarakat dapat bekerjasama dengan baik bersama pihak Satgas Citarum Harum dalam mewujudkan Citarum yang bersih.

"Karena pada dasarnya menjaga kebersihan ini bukan hanya semata-mata menjadi tanggung jawab petugas Citarum Harum saja, tapi menjadi tugas kita bersama," pungkasnya. (Rhu)

 

 

Tags:

Berita Terkait

Related News