Antisipasi Banjir Tol Air Nanjung Selesai November

BANDUNG,- Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan meyebutkan, pembangunan Terwongan Air Nanjung atau Curug Jompong, Margaasih, Kabupaten Bandung, dijadwalkan rampung November 2019.

Sebut Luhut, nantinya terowongan air Nanjung ini bisa mengurangi potensi banjir di wilayah Baleendah, Dayeuhkolot dan Andir Kabupaten Bandung.

"Tol air ini nantinya dapat mengurangi sekira 20 persen, tingkat kemungkinan banjir di Bandung," kata Luhut saat melakukan kunjungan ke Curug Jompong, Rabu (28/8).

Terlebih sebut Luhut, pembangunan resapan air atau parkir air seluas 5 ha di wilayah Baleendah dapat mengurangi potensi banjir, yang setiap tahun selalu melanda kawasan tersebut.

Kendati demikian Luhut pun berpesan agar studi yang dilakukan ITB harus juga dipertimbangkan. Sebab dalam studinya, lanjut Luhut, untuk menekan banjir, air dapat tertampung secara maksimal setidaknya membutuhkan danau kecil seluas 500 ha.

"Tapi ujung ujungnya studi yang dibikin dari ITB bahwa harus ada 500 ha untuk penampungan air itu seperti danau kecil atau situ baru itu perlu dipertimbangkan dengan cermat," pungkasnya. (ipn)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News