Ini Penyebab Molornya Pembentukan AKD DPRD Karawang

KARAWANG- Usai dilantik sebagai anggota DPRD Karawang di awal bulan Agustus 2019 lalu, ke 50 anggota DPRD Karawang nampaknya masih "luntang lantung" dalam mengerjakan tugasnya sebagai wakil rakyat.

Salah satu penyebabnya yaitu molornya pembentukan AKD (Alat Kelengkapan DPRD) hingga saat ini, sehingga kerja 50 anggota DPRD Karawang menjadi tidak efektif.

AKD yang merupakan lembaga internal di tubuh DPRD Karawang yang fungsinya sangat vital karena merupakan spesifikasi kerja para anggota DPRD. AKD sendiri terdiri dari Komisi I, II, III, IV, Badan Musyawarah, Badan Pembentukan Peraturan Daerah, Badan Kehormatan, dan Badan Anggaran.

Musabab dari molornya pembentukan AKD sendiri kata Sekretaris DPRD Karawang, Agus Mulyana karena lambatnya pengusulan Pimpinan DPRD dari Partai Demokrat dan Partai Gerindra.

"Dari empat partai yang berhak menduduki kursi Pimpinan DPRD baru PKB yang mengusulkan H. Deden Rahmat dan Partai Golkar yang mengusulakan Suryana. Sementara Partai Demokrat dan Gerindra sampai saat ini belum menyampaikan usulannya kepada kami," ucap Agus kepada PortalJabar.net, Senin (2/9).

Agus berharap kepada kedua partai tersebut untuk segera mengusulkan pimpinan DPRD paling akhir dalam minggu ini agar segera dikirmkan kepada Gubernur Jawa Barat.

"Kami harap minggu ini dua partai tadi menyampaikan usulannya, ini harapan kami ya. Karena kalau sudah semua partai yang berhak menduduki kursi pimpinan DPRD mengusulkan calonnya, kami tinggal menyampaikan kepada Pak Gubernur agar segera diberikan SK Gubernur," jelasnya.

Kata Agus proses menunggu SK Gubernur sendiri memakan waktu yang tidak bisa dipastikan kapan selesainya.

Seandainya nanti SK Gubernur mengenai Pimpinan DPRD Karawang sudah keluar, Agus memastikan pembentukan AKD bisa dilaksanakan secara cepat karena dilaksanakan melalui Fraksi dan diputuskan oleh PImpinan DPRD.

"Kalau sudah ada Pimpinan DPRD deifinitf, pembentukan AKD saya pastikan tidak lama karena merupakan usulan fraksi dan disahkan oleh Pimpinan DPRD," tandasnya.(uya)


 

Tags:

Berita Terkait

Related News