Sudah Bakar Batu, Situasi Di Papua Berangsur Kondusif

BANDUNG,- Staf Khusus Presiden Untuk Papua yang sekaligus Ketua Masyarakat Adat Tanah Papua Lenis Kogoya mengungkapkan kondisi Papua saat ini sudah berangsur-angsur pulih.

Menurutnya, masyarakat di Jayapura sudah melakukan ritual "Bakar Batu". Bakar Batu, kata dia, merupakan salah satu tradisi penting bagi masyarakat Papua, yang bertujuan untuk bersyukur, bersilaturahmi dan bahkan merayakan HUT Republik Indonesia.

“Kalau di Papua sudah bakar batu, jadi sudah tidak ada lagi. Masyarakat disana sudah Bakar Batu berarti sudah damai,” ungkap Lenis Kogoya disela Deklarasi Jabar Bergerak  Kawal Visi Indonesia, di Hotel Horizon Kota Bandung, Sabtu (7/9).

Dikatakannya juga, secara adat dirinya sudah meminta kepada masyarakat di Papua untuk berdamai. Bukan hanya Papua, imbuhnya, namun di Papua Barat pun menurutnya kondisi sudah berangsur kondusif.

"Secara adat tu saya bicara sudah connect. Gubernur, Panglima dan Kapolda setalah kita bakar batu tanda tangan, jadi sudah aman," ucapnya.

Saat ini menurut Lenis, pemerintah tengah memikirkan untuk pembangunan Indonesia di Papua yang lebih fokus lagi, bukan karena pasca terjadi kekacauan di Bumi Cendrawasih .

Nantinya ungkap Lenis, tokoh masyarakat adat, agama dan pemerintah daerah akan duduk bersama memikirkan fokus untuk mensejahterakan Papua.

"Untuk Papua ke depannya akan betul-betul akan kita bicarakan. Semuanya sama-sama duduk baru membahas program-program apa yang prioritas untuk kesejahteraan masa depan Papua," pungkasnya. (nie/*)

Tags:

Berita Terkait

Related News