Gubernur Jabar Ajak Legislator Kuningan Perjuangkan Rakyat

KUNINGAN,- 50 anggota DPRD Kuningan periode 2019-2024, resmi dilantik. Pelantikan digelar dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kuningan, Senin (9/9). 

Para anggota DPRD terpilih ini diambil sumpahnya dalam sidang paripurna. Acara turut dihadiri Bupati Kuningan Acep Purnama, Wakil Bupati H. M. Ridho Suganda, Sekretaris Daerah Kuningan Dian Rachmat Yanuar, dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Jawa Barat dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Kuningan, menyampaikan, bila pengucapan sumpah ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, bahwa anggota DPRD kabupaten/kota sebelum memangku jabatan mengucapkan sumpah secara bersama-sama yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri dalam Paripurna DPRD kabupaten/kota. 

“Alhamdulillah ketentuan tersebut baru saja dilaksanakan. Oleh karena itu, saya atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengucapkan selamat atas dilantiknya bapak-ibu sekalian anggota DPRD Kabupaten Kuningan masa jabatan 2019-2024,” katanya.

Gubernur berharap, agar para legislator mengemban amanah secara jujur adil, serta penuh integritas. Tak lupa, dia pun mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD Kabupaten Kuningan periode sebelumnya yang telah mendedikasikan waktu tenaga dan pikiran untuk pembangunan wilayah ini.

“Sejak saat ini bapak-ibu mengemban tanggung jawab yang besar, dimana suatu saat nanti kita semua akan dimintai pertanggungjawaban atas semua hal yang diamanahkan kepada kita,” tuturnya.

Banyak pekerjaan rumah bangsa ini, termasuk didalamnya Jawa Barat yang harus segera diselesaikan melalui kerja dan pengambilan keputusan dengan mengedepankan kepentingan rakyat, serta sejalan dengan peraturan perundang-undangan dan azas keadilan. 

“Dalam kaitan itu bapak-ibu anggota dewan akan menjadi harapan bagi rakyat dalam memperjuangkan peningkatan kesejahteraan hidupnya dalam menegakkan supremasi hukum serta dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dan melayani,” cetusnya. 

Gubernur pun mengajak anggota dewan untuk melindungi dan memperjuangkan rakyat melalui fungsi legislasi yang dimiliki DPRD dengan memaksimalkan waktu dalam berdialog dengan baik melalui jaring aspirasi.

“Saat ini proses komunikasi tersebut bisa dilakukan tidak hanya melalui media konvensional  tetapi juga melalui pemanfaatan teknologi informasi seperti media sosial maupun media massa,” paparnya.

Acep menambahkan, dirinya menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah turut berpartisipasi untuk mensukseskan jalannya demokrasi. Ucapan serupa juga disampaikan kepada partai politik, dan kepada penyelenggara pemilu, baik KPU maupun Bawaslu. 

“Tak lepas juga pihak pengamanan, baik TNI maupun Polri. Sehingga penyelenggaraan pesta demokrasi di Kuningan dapat berjalan dengan baik, bahkan tingkat partipasi pemilih meningkat. Semoga kita dapat membangun Kuningan lebih maju lagi,” ungkapnya. (om/*)

Tags:

Berita Terkait

Related News