Maman Ingin Jadikan Majalengka Bersahaja

MAJALENGKA,- Tahapan Pemilihan Kepala Desa Serentak 2019 di Kabupaten Majalengka sudah dimulai. Seluruh panitia Pilkades tiap-tiap desa telah melakukan tahapan awal pendaftaran calon kepala desa.

Setelah pendaftaran, saat ini para calon kepala desa bekerja keras mensosialisasikan program kerjanya masing-masing guna meraih simpati masyarakat. 

Seperti yang dilakukan Maman Suparman, salah seorang calon kepala Desa Cidenok, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka.

Melalui visi-misi yang diusungnya, Maman ingin menjadikan Desa Cidenok Bersih, Religius, Sehat, Adil, dan Sejahtera (Bersahaja).

Selain itu, dia pun berkeinginan  membangun Desa Cidenok ke arah yang lebih maju, serta memberikan pelayanan yang cepat dan tepat tidak bartele-tele kepada masyarakat.

Tak heran jika sejumlah program telah dia siapkan, jika terpilih pada pemilihan Sabtu (2/11) mendatang.

Dalam bidang pemerintahan, Maman mengaku, akan melakukan pemenuhan hak terhadap perangkat dan lembaga desa. Tujuannya sudah pasti, yakni memelihara harmonisasi dalam lingkungan kerja demi meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Selain itu juga kami akan  menyelenggarakan pemerintahan yang bersih, terbebas dari korupsi serta bentuk-bentuk penyelewengan lainnya,” paparnya, di Majalengka, Kamis (12/9).

Tak hanya itu, penegakan aturan terhadap pamong desa sesuai tugasnya masing-masing, dan pemenuhan sarana dan prasarana kantor dan lingkungan.

"Sasarannya untuk meningkatkan pelayanan masyarakat dan kelayakan sebuah kantor pemerintah yang representatif," jelasnya.

Sementara dalam bidang pemberdayaan masyarakat, kata Maman, dirinya akan fokus  menciptakan lapangan kerja seluas-seluasnya dengan mengedepankan pada potensi asli desa. Melalui program ini, dia juga berharap bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk taraf kehidupan yang lebih baik dan lebih layak.

“ Nanti, kami akan membuka seluas-luasnya kemitraan sejajar dengan pihak lain dalam upaya meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat Desa Cidenok,” tuturnya.

Masih menurut Maman, bidang keagamaan pun tak luput dari kebijakannya kelak jika terpilih sebagai Kepala Desa Cidenok. Salah satunya adalah peningkatan kemakmuran masjid, musala, dan majlis taklim, guna mewujudkan masyarakat yang relijius.

"Kami berupaya mensejahterakan guru ngaji, imam masjid, musala, dan guru madrasah untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidupnya, agar lebih barokah,” imbuhnya.

Tak hanya itu, bapak dua anak yang sehari-hari berprofesi sebagai pedagang klontong dan air isi ulang ini, berjanji akan membangun sarana dan prasarana pendukung pertanian, guna terpeliharanya saluran-saluran irigasi serta kecukupan air agar hasil pertanian meningkat. 

Termasuk membangun dan memelihara sarana sosial, sarana perekonomian, serta penataan dan pengembangan lingkungan pemukiman. 

"Maksudnya agar terciptanya lingkungan yang sehat dan asri,”  tegas suami dari Rini Darini tersebut.

Selebihnya, melalui motto ‘Sauyunan Mbangun Desa’, Maman juga akan melakukan langkah-langkah tepat di bidang  pembinaan masyarakat, hukum dan kambtimas, serta bidang tak terduga lainnya jika dirinya diberi amanah memimpin Desa Cidenok enam tahun yang akan datang.(man/*) 

Tags:

Berita Terkait

Related News