Sanitasi Kota Bandung Masuk Yang Terburuk

BANDUNG,- Kota Bandung salah satu kota metropolitan di Indonesia. Dengan jumlah penduduk lebih dari 2,4 juta jiwa tersebut, sanitasi Kota Bandung masih termasuk yang terburuk di Indonesia.

Ketua Forum Bandung Sehat Siti Muntamah menjelaskan, dari 151 kelurahan yang ada di Kota Bandung baru 60 kelurahan yang memiliki sanitasi yang baik.

"Masih banyak masyarakat yang buang air besar sembarangan, atau tidak memiliki pembuangan yang baik," ujar Siti, di Balai Kota Bandung, Kamis (12/9).

Dia menerangkan, sedikitnya ada sekitar 62 ton perhari kotoran yang dibuang ke sungai, lantaran 215 ribu kepala keluarga belum punya jamban sehat.

"Ini bukan angka yang kecil untuk Kota Bandung. Pemerintah harus segera mengambil langkah untuk menyelesaikan persoalan ini," terangnya. 

Persoalan sanitasi ini sudah menjadi masalah klasik di Kota Kembang ini. Namun, kata dia, belum ada yang menyuarakan persoalan ini sampai sekarang. 

"Ini harus dikaji betul, dari anggaran dan pembangunan lainnya," ucapnya.

Dia menyebut, sanitasi yang buruk ini juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan kota Bandung, seperti stunting dan diare. Dimana salah satu pembunuh terbesar anak ialah diare.

"Harus ada kemauan yang kuat dari pemerintah untuk meyelesaikan persoalan ini," pungkasnya. (pan/*)

Tags:

Berita Terkait

Related News