Musda KNPI Ke XIV, Ini Sikap PMII Majalengka

MAJALENGKA,- Komite Pemuda Nasional Indonesia (KNPI) Majalengka merupakan resource untuk menumbuhkan kreativitas serta memperkuat Kesadaran berbangsa dan bernegara.

"KNPI sebagai istitusi yang didalamnya terdapat seluruh elemen organisasi pemuda harus menyadari bahwa eksistensi dan kesinambungan perjalanan sebuah lembaga tidak akan ada artinya tidak akan ada maknanya manakala pada saat dibutuhkan peran, kiprah dan kepeduliannya tidak hadir dalam kenyataan," kata Ketua PMII Cabang Majalengka Aef Saefulah, Senin (16/9).

Menurut Aef. realitas hari ini Kabupaten Majalengka akan di hadapkan dengan begitu banyak persoalan yang nyata dan akan berdampak secara signifikan terhadap sosial, baik itu industialisasi, infrastruktur dan lainnya.

"Maka peningkatan SDM yang unggul yakni pemuda, dari hard skil, shoft skil harus bisa mengimbanginya. KNPI sebagai wadah semua organisasi kepemudaan, maka akar konsepsi harus kuat supaya tidak pasif dan ketergantungan, karena keistimewahan pemuda hanya idealisme itu sendiri,"imbuhnya.

Dikatakan dia, KNPI mendatang dihadapkan pada tantangan bagaimana memberdayakan dirinya sekaligus menampilkan model generasi muda yang dibutuhkan masyarakat dimasa mendatang.

"KNPI juga harus mampu menyikapi secara obyektif berbagai problem sosial yang terjadi dan menyikapinya secara kritis, korektif dan konstruktif. Didalam sebuah istitusi lemabaga seperti KNPI yang harus dikelilingi manusia kreatif. Manusia yang mampu merespon dengan baik tantangan perubahan lingkungan. sehingga mereka membawanya ke tingkat peradaban yang lebih tinggi,"imbuh Aef yang juga mahasiswa Teknik Mesin Universitas Majalengka ini.

Dikatakannya,  kepeloporan kaum muda hakikatnya adalah etik perjuangan untuk menegakan kebenaran dan fitrah manusia karena pada prinsipnya Keadilan alam terletak pada sifat makhluk hidup yang saling antagonistik. Saling bertentangan tapi juga dapat bergandeng tangan saling, saling komitment manjaga narasi besar yang tidak korup, pemuda yang faham betul kemajuan zaman.

"Ini menjadi tanggung jawab kita semua sebagai kaum muda terutama KNPI sebagai Ormas tempat berkumpulnya kaum pemuda, yang  memiliki tanggung jawab yang sangat besar. Dalam anatomi organ kepemudaan harus terintrgasi manusia yang satu dengan yang lainnya tanpa ada ego centris karena kita sama-sama sebagai pemuda yang selalu optimis bahwa harapan lebih panjang dari nafas, pemuda yang selalu komitment pada keinginan untuk hidup dalam dalam sebuah bangsa, yakni bangsa Indonesia,"ungkapnya. (man)


 

 

 

 

 

 

 

 

Tags:

Berita Terkait

Related News