Disnakertrans Batalkan Ratusan Rekrutmen Pekerja

KARAWANG,- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang membatalkan proses rekrutmen 180 pelamar kerja PT Yamaha Motor Manufacturing 2 di RS Lira Medika. Pembatalan ini disebabkan pabrik motor tersebut melakukan perekrutan tenaga kerja dari luar daerah secara ilegal.

"Proses rekrutmen ini kami hentikan karena melanggar aturan dan dilakukan diam-diam," kata Kadisnakertrans Karawang Ahmad Suroto, saat sidak di RS Lira Medika, Senin (16/9).

Suroto mengatakan, pihaknya telah mengamankan 180 berkas para pelamar yang berasal dari berbagai daerah. Diantaranya, Cirebon, Indramayu, Tegal, Kuningan dan Pekalongan. Mereka diangkut menggunakan tiga unit bus, dan langsung menuju Karawang untuk menjalani tes kesehatan di RS Lira Medika.

Dia menekankan, pola rekrutmen seperti itu bertentangan dengan Perda Nomor 1 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Rekrutmen Tenaga Kerja, dan Peraturan Bupati Karawang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Perluasan Kesempatan Kerja.

"Perda Nomor 1/2011 mewajibkan perusahaan di Karawang menerima lebih banyak pekerja asal Karawang," ujarnya.

Sementara, Perbup Karawang No 8/2016 mewajibkan perusahaan di Karawang menyerap tenaga kerja lokal sekurang-kurangnya 60 persen orang Karawang dengan dibuktikan dengan KTP dan kartu keluarga. (uya/*)

Tags:

Berita Terkait

Related News