IWO Purwakarta Adakan Seminar Jurnalistik Dalam Era Industri 4.0

PURWAKARTA- Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Purwakarta akan mengadakan Seminar Jurnalistik dalam menghadapi era industri 4.0 yang rencananya bertempat di Gedung Sigrong Purwakarta pada hari Kamis (19/9) mendatang.

Ketua IWO Purwakarta, Dadang Aripudin, mengungkapkan Seminar Jurnalistik yang mengusung tema “Membangun Kesadaran Beretika Dalam Media Sosial di Era Industri 4.0" ini rencananya akan dihadiri oleh Wakil Gubernur Jabar, Kapolda Jabar, Pangdam III Siliwangi, Kapendam III Siliwangi, Danlanud Suryadarma Kalijati Subang, Anggota DPRD Jabar Dapil 10, Muspida Purwasuka (Purwakarta, Subang dan Karawang), Tomas, Toga se-Purwasuka, LSM/Ormas, dan diikuti sebanyak 386 sekolah SMA/SMK Negeri dan Swasta di wilayah IV.

Selain itu seminar ini juga akan di ikuti para wartawan dari Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan dari Maluku Utara dengan total peserta sebanyak 1500 Orang.

Dadang mengatakan bahwa kegiatan ini adalah rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun IWO ke-7, yang jatuh pada tanggal 7 September 2019.

"Kegiatan seminar ini adalah rangkaian perayaan HUT IWO yang memasuki usia 7 tahun," ucap Dadang, Selasa (17/9).

Kata Dadang, diadakannya seminar jurnalistik ini tujuan khususnya adalah memberikan pencerahan dan pendidikan tentang ilmu jurnalistik kepada siswa-siswi SMA dan SMK di wilayah IV, Purwakarta, Subang dan Karawang (Purwasuka).

"Agar masyarakat luas tahu tentang media sosial yang sebenarnya. Langkah ini saya kira sangat baik dan efektif untuk mencegah berita-berita hoax dikalangan anak-anak sekolah yang kerap memposting status yang kebenarannya belum bisa dipercaya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dadang mengatakan dengan adanya kegiatan ini, Kepala Cabang Dinas wilayah IV, sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan tersebut.

"Saya ucapkan terimakasih atas dukungan dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV, Ketua MKKS SMA/SMK Kabupaten Purwakarta, Subang dan Karawang serta Ketua FKKSMKS Provinsi Jabar dan para Kepala Sekolah se-Wilayah IV," katanya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah IV, Ai Nurhasan sangat mendukung dengan kegiatan yang diadakan oleh IWO Purwakarta karena dapat menambah pengetahuan wawasan tentang media sosial khususnya bagi siswa SMA/SMK yang hadir dalam seminar.

"Kami apresiasi dan dilihat dari temanya itu sangat bagus, makanya kami memberikan rekomendasi kepada ketua MKKS SMA/SMK Negeri maupun swasta untuk menghimbau kepada kepala sekolah SMA/SMK Negeri ataupun Swasta mengirimkan perwakilan guru pembimbing serta siswa-siswi 2 orang untuk mengikuti seminar tersebut," jelasnya.

Sementara itu Kepala SMA Negeri 5 Karawang, Agus Setiawan saat dikonfirmasi di kantornya mengatakan bahwa kegiatan seminar jurnalistik tersebut bisa menambah wawasan dalam beretika di dunia maya.

"Kami lihat narasumbernya dari Karo Multi Media Mabes Polri, Staf Ahli Menkominfo, Kabid Humas Polda Jabar, Anggota DPRD Jabar dan Ketua IWO Pusat yang sangat berkompeten untuk memberikan wawasan beretika dalam bermedsos," ucapnya

Ketua Forum Komunikasi Kepala SMK Swasta Provinsi Jawa Barat, Iwan Sumitra menyampaikan dukungan dan harapan agar kegiatan seminar jurnalistik yang di adakan oleh IWO Purwakarta dapat mencegah berita-berita hoax yang kerap terjadi dikalangan usia milenial.

"Harapannya usai mengikuti seminar, adik-adik kita yang masih duduk dikursi SMA dan SMK bisa memilah-pilah berita-berita positif yang akan diposting nya di media sosial (medsos),"terangnya. (Uya)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News