Kabupaten Bandung Targetkan DTU Tahun Ini

BANDUNG,- Kabupaten Bandung menargetkan sebagai Daerah Tertib Ukur Tahun 2019. Untuk itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung mengenalkan Kemetrologian Legal berbasis syariah, di Grand Sunshine Soreang, Kamis (19/9).

Asisten Perekonomian dan Kesejahteraan Kabupaten Bandung Marlan mengungkapkan, pendekatan syariah tersebut selaras dengan visi religius Kabupaten Bandung.

“Di dalam agama sudah dijelaskan, orang yang mengurangi timbangan hukumannya adalah neraka jahanam. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan Kabupaten Bandung bisa menjadi DTU Syariah,” ungkap Marlan.

Marlan menerangkan, pihaknya akan melakukan penertiban timbangan secara berkala. Tak hanya itu, dirinya mengimbau, agar pedagang untuk selalu jujur dalam menjalankan bisnisnya, agar usaha yang dijalankan diberikan keberkahan.

“Jika melihat demografi, Kabupaten Bandung ini sangat luas. Sehingga SDM (Sumber Daya Manusia) atau penera sangat terbatas. Kedepannya kami akan menggandeng MUI kecamatan dan desa untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Karena kita tidak hanya menyasar alat ukur yang ada di pasar, namun pedagang-pedagang diluar pasar juga kita tertibkan,” tambahnya.

Sementara, Kepala Disperindag Kabupaten Bandung Popi Hopipah menjelaskan, sosialisasi dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada para pelaku usaha serta masyarakat, sehingga  dapat meningkatkan pelayanan metrologi legal. 

“Selain itu, kami juga memberikan pemahaman akan pentingnya tera / tera ulang alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) untuk mewujudkan masyarakat yang maju, mandiri dan berdaya saing,” jelas Popi. (pan/*)

Tags:

Berita Terkait

Related News