81 Tenaga Kerja Kasar Asal China Diciduk Imigrasi Karawang

KARAWANG,- PT Jiangxi, kontraktor proyek Pembangkit Listrik Tenaga Batubara di PT Pindodelli 3 yang berasal dari China, saat ini sedang bermasalah dengan hukum. Pasalnya, usai bermasalah dengan mitra kerja yaitu PT Eka, perusahaan tersebut sedang dirundung masalah akibat pelaporan PT Eka ke penegak hukum.

Kuasa hukum PT Eka, Yaya Taryana, mengatakan, awal mula masalah PT Jiangxi adalah karena pemutusan kontrak sepihak kepada PT Eka dalam pengerjaan proyek pembangkit listrik di Pindodelli 3. "Awalnya sisa kontrak PT Eka diputus sepihak oleh PT Jiangxi. Kami awalnya menuntut sisa uang kontrak yang harus dibayarkan namun tidak kunjung diberikan karena PT Jiangxi berpedoman pada hukum China yang menegaskan sisa kontrak tidak perlu dibayar kepada perusahaan mitra yang diputus sepihak," ujar Yaya, kepada Portaljabar.net, Kamis (3/10).

Yaya mengaku aneh dengan tindakan PT Jiangxi yang tidak mau tunduk dengan hukum Indonesia. "Ini kan negara Indonesia, jelas hukum China gak bisa diberlakukan di Indonesia," tegasnya.

Yaya menerangkan, setelah pihaknya mensomasi PT Jiangxi berkali-kali namun tidak direspon akhirnya permasalahan ini dilaporkan ke kepolisian, kejaksaan, imigrasi, dan Disnaker. Respon aparat penegak hukum, kata Yaya, sangat cepat karena hari ini pihak Imigrasi langsung menangkap 81 orang tenaga kerja kasar asal China yang tidak memiliki dokumen keimigrasian.

"Informasi yang masuk ke saya, setelah dilakukan penegakan hukum oleh Imigrasi, ditemukan berbagai pelanggaran baik keimigrasian maupun hukum ketenagakerjaan. Selain mencatat berbagai pelanggaran hukum, saat ini Imigrasi telah menciduk 81 pekerja kasar asal China dari proyek Pindodelli 3," jelasnya.

Terakhir Yaya hanya bisa berharap agar penegak hukum bisa bekerja secara on the track dan tidak terkesima dengan nama besar PT Pindodelli.

Sementara itu hingga saat ini belum ada pernyataan resmi dari Imigrasi Karawang terkait penangkapan 81 tenaga kerja kasar asal China di proyek pembangkit listrik Pindodelli 3. (uya/*)

Tags:

Berita Terkait

Related News