Satgas Pamtas Bantu Pelaksanaan Upacara Bendera Di SD YPPK Kenandega

DISTRIK WARIS PAPUA,- Satgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw, Pos Waris dipimpin Letda Inf Dzaky Faris Naufal membantu pelaksanaan upacara bendera di SD YPPK Kenandega Kp. Kalifam Distrik Waris
Kab. Keerom Prov. Papua, Senin (7/10).

Di sekolah ini, selama 6 bulan tidak melaksanakan upacara bendera. SD YPPK Kenandega merupakan SD yang sudah dibangun semenjak 14 Oktober 1957. Sekolah ini merupakan satu-satunya Sekolah Dasar yang terdapat di sepanjang Jalan Trans Irian Waris.

Murid di sekolah inipun terdiri dari beberapa kampung, diantaranya adalah Kampung Banda, Kampung Pund, Dusun Kalifam dan Dusun Paitenda.

 Sekolah ini merupakan sekolah yang sudah lama berdiri dan sekarang sudah berusia 61 Tahun dan tentunya sudah banyak lulusan dari sekolah ini.

Kepala Sekolah Elias Juma menyampaikan bahwa lulusan dari sekolah ini ada yang menjadi PNS di Permerintahan, menjadi TNI - POLRI, bahkan ada yang kembali dan menjadi guru di sekolah ini.

"Sangat disayangkan apabila Upacara Bendera yang merupakan suatu kegiatan yang wajib dan harus rutin dilaksanakan setiap hari senin tidak dapat dilaksanakan di sekolah ini, lantaran terbatasnya kemampuan guru-guru di sekolah mengenai PBB (Peraturam Baris - berbaris)," kata Dansatgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw Letkol Inf Ary Sutrisno melalui Letda Inf Dzaky Faris Naufal.

Berkat adanya Pos Waris yang merupakan Pos terdekat dengan sekolah tersebut, upacara bendera yang sudah 6 bulan tidak terlaksana kini dapat dilaksanakan kembali.Tentunya upacara kali ini bukanlah suatu kegiatan yang berjalan tanpa adanya latihan terlebih dahulu.

Dua hari sebelum pelaksanaan, siswa/i di sekolah ini telah dilatih oleh personel dari Pos Waris. Pos Waris juga membantu membuatkan teks tata tertib upacara, Pancasila, dan Undang-undang Dasar 1945 karena memang teks-teks tersebut sudah lama hilang karena tidak melaksanakan kegiatan upacara bendera.

Dalam pelaksanaannya, Pratu Karsiwan yang merupakan personel dari Pos Waris bertindak sebagai Pemimpin Upacara dengan harapan Pratu Karsiwan bisa menjadi model pemimpin upacara dan juga memberi motivasi bagi siswa/i di sekolah ini.

Kegiatan Upacara kali ini berjalan dengan khidmat, walaupun dalam pelaksanaannya masih terdapat kekurangan disana-sini.

Meski begitu, para guru di sekolah tersebut mengucapkan banyak terimakasih kepada Personel dari Pos Waris lantaran murid-murid di sekolah tersebut sangat antusias melaksanakan upacara bendera yang semestinya digelar setiap hari Senin.

"Upacara pengibaran bendera merupakan wujud kesetiaan kita kepada bangsa dan negara, yang didalamnya terkandung nilai-nila luhur serta untuk menghormati para pejuang bangsa yang telah gugur di medan pertempuran," tandasnya. (nie/*)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News