Nyalon Kades Di Karawang Bisa Gunakan Ijazah Paket A Dan B

KARAWANG,- Kabar yang beredar yang menyebut bahwa salah satu syarat mutlak calon Kades di Karawang harus berijazah pendidikan formal paling rendah SMP/sederajat membuat sejumlah pihak yang hendak ikut Pilkades 2020 merasa bimbang.

Pasalnya pihak-pihak yang bimbang tersebut diketahui tidak pernah bersekolah formal (SD Tidak Tamat) dan hanya berijazah persamaan paket A dan B.

Untuk menjawab kebimbangan dan ketidakjelasan informasi tersebut, Portaljabar.net berupaya menanyakan permasalahan ini kepada Kepala DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Karawang, Ade Sudiana.

Ade menegaskan bahwa persyaratan pendidikan bagi calon Kades adalah minimal berijazah SMP/Sederajat.

"Sesuai UU dan Perda tentang Desa, Calon Kades minimal berijazah SMP/sederajat," ucap Ade kepada Portaljabar.net, Rabu (9/10).

Selain itu ia juga mempertegas bahwa siapapun orangnya yang berminat menjadi Calon Kades namun hanya memiliki ijazah persamaan dari sejak tingkat Sekolah Dasar diperbolehkan ikut serta dalam Pilkades.

"Kalau ada Calon Kades ijazahnya Paket A dan Paket B juga bisa ikut Pilkades, karena ijazahnya sudah disetarakan," tandasnya. (Uya)

Tags:

Berita Terkait

Related News