TKW Asal Karawang, 12 Tahun Belum Bisa Pulang

KARAWANG,- Malang nasib Suhaeni Binti Muhid, seorang TKW asal Dusun Peundey RT 20/07, Desa Ciptamarga, Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang, tidak bisa pulang ke tanah kelahirannya setelah bekerja belasan tahun di Arab Saudi. 

Umsih (50), orang tua Suhaeni, mengatakan, sejak usia 14 tahun anaknya berangkat untuk bekerja di Arab Saudi, dengan maksud untuk membantu merubah perekonomian keluarga. Karena pada saat itu banyak warga yang bekerja di luar negeri ditambah kondisi ekonomi keluarganya yang tidak mampu. Namun, nasib berkata lain, bahkan sampai saat ini Suhaeni belum kunjung pulang ke kampung halaman.

"Pokoknya berangkat itu pas adiknya (Mulyati) sekitar umur satu tahun, dan sekarang (Mulyati) sudah menginjak 18 tahun," ucap Umsih, pada portaljabar.net, Senin (14/10).

Menurutnya, keberangkatan Suhaeni ke Arab Saudi melalui Balai Latihan Kerja Luar Negeri Salman Putra Rayana yang beralamat, Jl. Raya Tapas No. 27 Cimanggis-Depok. Pihaknya mengaku selama awal keberangkatan ke Timur Tengah, dirinya baru bisa berkomunikasi dengan anak pertamanya setelah tujuh berada di negeri orang. Setelah itu tidak ada obrolan lagi hingga kini.

"Saat ini saya hanya berharap adanya belas kasihan dari Pemerintah Indonesia untuk membantu mengurus kepulangan anak saya, agar bisa berkumpul kembali dengan keluarga. Sebab suami Umsih hanyalah seorang yang bekerja di pemotongan ayam dan berpenghasilan Rp 60 ribu per hari.

Sementara, Saepul Bahri, Ketua RW 07, menerangkan, saat Suhaeni pergi bekerja ke luar negeri, dirinya belum sempat menjadi ketua RW. Namun pada 2016 pihak desa sudah berupaya untuk mengurus pulang Suhaeni guna bertemu keluarga, dan sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut dari pusat.

"Kalau bekerjanya di Jakarta sih bisa kita jemput, kan ini di luar negeri. Walaupun begitu, saya berharap, Pemerintah Indonesia bisa turut membantu kepulangan Suahaeni. Pasalnya, sudah belasan tahun belum berkumpul kembali dengan keluarganya," tuntasnya. (wins/*)

Tags:

Berita Terkait

Related News