Kades Petahana Kutamekar Terancam Tak Ikut Pilkades

KARAWANG,- Hasil pemeriksaan Inspektorat Kabupaten Karawang memastikan ada temuan di Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, sehingga calon kepala desa petahana harus menyelesaikan temuan tersebut hingga batas akhir masa pendaftaran calon kepala desa, Kamis (17/10).

Dari hasil pemeriksaan Inspektorat, ternyata ada temuan yang harus diselesaikan di desa tersebut selama dijabat oleh Amud, yang kini kabarnya mendaftar menjadi bakal calon kepala desa Kutamekar. Namun temuan tersebut tidak bisa dijelaskan secara terperinci.

"Biasanya setiap kita turun ke desa yang namanya temuan pasti ada, saya yakini pasti ada dan tidak ada yang sempurna pasti ada temuan,” Kata Khotib, Irban Wilayah 1, saat ditemui di Kantor Inspektorat Kabupaten Karawang, Kamis (17/10).

Dari temuan Inspektorat tersebut dikelola dibagian sekretariat karena ada catatan apa saja yang belum diselesaikan, baik itu administrasi maupun pengerjaan. Apabila kepala desa yang bersangkutan belum menyelesaikan hasil temuan dari Inspektorat, dirinya tidak bisa mencalonkan kembali. 

"Untuk penyelesaian itu, ada tindak lanjut dikelola oleh bagian sekretariat nanti akan ketahuan apabila yang bersangkutan mau mencalonkan akan ditolak. Datang ke kita, minta apa saja sih yang belum ditindaklanjuti, karena ada raportnya yang harus diselesaikan,” jelasnya. 

Adapun batas waktu yang ditentukan untuk menyelesaikan temuan tersebut, yaitu hingga akhir waktu pendaftaran bakal calon kepala desa.

“Kalau tidak selesai, ya tidak bisa mencalonkan kepala desa,” tegasnya. 

Saat ditemui beberapa waktu lalu, di kediamannya, Amud mengklaim, bahwa semua pekerjaan selama menjabat telah tuntas seluruhnya.

“Semua sudah selesai, termasuk yang dana desa tahap satu sudah dikerjakan semua,” akunya. (wins/*)

Tags:

Berita Terkait

Related News