Tak Ada Dasar Hukum, Kepala DPMD Izinkan Panitia Pilkades Pakai Duit APBDes

KARAWANG,- Pilkades serentak di Kabupaten Karawang bakal dilaksanakan di bulan Februari 2020 mendatang. Dipastikan bakal terjadi kompetisi sengit dan polarisasi yang tajam di akar rumput karena perbedaan pilihan dalam Pilkades tersebut.

Tak hanya itu, ada indikasi para Panitia Pilkades yang melakukan aji mumpung memanfaatkan Pilkades sebagai "proyek" mendulang duit melalui mekanisme penggalian dana diluar bantuan APBD.

Upaya Panitia Pilkades mendulang uang di luar APBD ternyata didukung oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Karawang. Kepala DPMD Karawang, Ade Sudiana memperbolehkan Panitia Pilkades memakai uang APBDes untuk menunjang keperluan Pilkades.

"Panitia boleh memakai uang APBDes. Kalau APBDes itu untuk operasional Pemdes, untuk biaya rapat-rapat, biaya makan minum dan lainnya," ujar Ade kepada Portaljabar.net, belum lama ini.

Namun anehnya, Ade tidak bisa menunjukan dasar hukum yang mengesahkan perbuatan Panitia Pilkades melakukan Pengambilan uang APBDes untuk mendukung kegiatan Pilkades.

Ade hanya menjelaskan bahwa bantuan hibah dari APBD untuk pelaksanaan Pilkades difokuskan untuk pengadaan kotak suara, surat suara, honorarium panitia dan peralatan pilkades lainnya. (Uya)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News