Politisi PKB Setuju Pelarangan Cadar Bagi ASN

BANDUNG,- Adanya wacana pelarangan penggunaan cadar bagi aparatur sipil negara (ASN) mendapat tanggapan dari berbagai pihak. 

Anggota Komisi D DPRD Kota Bandung, Erwin, angkat bicara terkait wacana tersebut. Dia mengaku, tidak menolak jika hal itu demi keamanan.

"Lihat konteksnya dulu, kalau untuk menjaga keamanan, saya pribadi mendukung dengan larangan bercadar bagi ASN. Tapi kalau dalam konteks suatu hal kebiasaan (budaya) beragama, jangan dilarang karena itu merupakan bagian hak pribadi," cetusnya, di Bandung, Minggu (3/11). 

Menurut dia, cadar bukan suatu hal perintah di dalam ajaran Islam itu sendiri, tetapi merupakan budaya Arab yang tidak harus diikuti.

"Kita kan punya budaya tersendiri, yaitu budaya pesantren yang enggak harus memakai cadar," sahutnya.

Disisi lain, Ketua DPC PKB Kota Bandung ini juga menjelaskan, faham radikal dipandang tidak mencerminkan nilai-nilai keislaman yang rahmatan lil alamin. Bahkan, menurut dia, faham tersebut justru merusak tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Ciri-ciri faham radikal, kata Erwin, yakni tidak memahami hukum islam secara utuh, sehingga mudah mengkafir-kafirkan golongan lain yang tidak sependapat dengannya. Ciri lainnya adalah intoleransi dan menolak ideologi Pancasila sebagai falsafah bangsa. (pan/*)

Tags:

Berita Terkait

Related News