Razia Anak SMA, Polisi Tak Berikan Tilang

CIREBON,- Para pelajar tak luput dari perhatian polisi saat gelaran Operasi Zebra Lodaya 2019. Seperti yang dilakukan Satuan Lalu Lintas Polres Cirebon dengan memeriksa surat-surat kendaraan yang digunakan ratusan pelajar SMK Sultan Agung Sumber Cirebon.

Kepala Urusan Administrasi dan Tata Usaha Satlantas Polres Cirebon Aiptu Mukhali menerangkan, aksi ini merupakan bagian dari Operasi Zebra Lodaya 2019.

“Ini sebagai kegiatan yang kita lakukan secara preemtif dan preventif kepada pelajar-pelajar yang membawa kendaraan roda dua,” ujarnya, disela-sela pengecekan kelengkapan surat-surat berkendara, di SMK Sultan Agung Sumber, Senin (4/11).

Dirinya menegaskan, pada pemeriksaan kali, kepolisian tak memberikan tilang kepada pelajar yang tidak dapat memperlihatkan kelengkapan berkendara mereka.

“Kali ini kita tidak lakukan penilangan kepada pelajar yang belum punya SIM atau yang tidak pakai helm. Kami di sini untuk mensosialisasikan keselamatan berlalu lintas disertai dengan surat kelengkapan berkendara,” cetusnya.

Dia pun mengimbau kepada seluruh pelajar untuk tertib berlalu lintas dan mengutamakan keselamatan, serta melengkapi surat-surat berkendara.

Dirinya menekankan, bila nanti didapati pelajar melanggar aturan setelah sosisalisasi ini, pihaknya bakal langsung menilang mereka.

”Kami sudah ingatkan, kalau nanti di jalan masih ada pelajar yang melanggar karena tidak membawa surat kendaraan atau yang belum punya SIM, akan ditindak sesuai undang-undang yang berlaku,” sahutnya.

Salah seorang pelajar SMK Sultan Agung Sumber, Zazilah, mengaku senang dengan kehadiran polisi berpakaian lengkap ke sekolahnya.

“Senang kok ada polisi ke sini buat periksa kelengkapan surat kendaraan. Tapi aku belum punya SIM karena masih di bawah, tadi diingetin pas sudah 17 tahun langsung disuruh bikin SIM,” katanya. (abr/*)

Tags:

Berita Terkait

Related News